Cara Mengambil Uang di ATM - Untuk Berbagai Jenis Bank Dengan Benar dan Aman Bagi Pengguna Baru

Mengambil uang di ATM sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, tetapi tidak untuk pengguna baru. Karena baru pertama kali menggunakan mesin ATM, seperti yang saya alami saat baru pertama kali membuka rekening pada saat masih SMP, hal pertama yang saya lakukan sebelum ke ATM terdekat adalah mencari di internet tentang bagaimana cara ambil uang di atm. Meskipun penjelasan yang saya baca di Google sudah jelas banget, tetapi tetap saja masih merasa grogi.

Mesin ATM sendiri biasanya bisa ditemui dimana saja seperti Pom Bensin, Minimarket, Mall, Atau bank terdekat. Penyebarannya pun sudah menjangkau berbagai tempat hingga ke berbagai pelosok penjuru negeri ini, dan yang terbanyak adalah BRI ( Bank Rakyat Indonesia) hampir di setiap kecamatan pasti sudah tersedia. Saya sendiri juga menggunakan Bank BRI pada saat pembukaan rekening pertama, karena pada saat itu masih tinggal di kampung dan Bank BRI adalah satu-satunya yang ada di kecamatan saya. Jadi untuk ambil uang di ATM BRI bisa saya lakukan kapan saja, tanpa harus jauh-jauh ke daerah lain jika saya membuat rekening menggunakan bank lain.

Sebelum saya membahas secara detail langkah-langkah mengambil uang menggunakan Mesin ATM, alangkah baiknya untuk mengetahui dahulu hal apa saja yang wajib dihindari saat sedang menggunakan Mesin ATM apalagi bagi pemula atau pengguna baru.

  1. Jika anda pengguna baru usahakan langsung belajar pada saat pembuatan rekening, biasanya akan dipandu oleh security yang sedang berjaga.
  2. Gunakanlah password yang mudah diingat saat pembuatan rekening, karena jika lupa dan beberapa kali memasukkan password dengan salah maka Kartu ATM akan tertelan.
  3. Usahakan menggunakan mesin dengan cepat atau tidak banyak berfikir jika tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan seperti membuat antrian semakin panjang, atau tiba-tiba listrik mati yang bisa menyebabkan Kartu ATM tertelan juga.
  4. Usahakan langsung menghubungi CS jika mengalami kejadian seperti ambil uang di atm uang tidak keluar, uang tertelan saat setor tunai, atm tertelan, atau menemukan kejanggalan-kejanggalan lainnya.
  5. Jadi buat pengguna baru saya menyarankan untuk langsung belajar pada saat pembuatan rekening karena jika terjadi masalah bisa langsung menemui pihak CS (Customer Service).
  6. Jangan mempercayai siapa pun yang ingin membantu hingga menanyakan password saat terjadi masalah.
  7. Bisakan mengambil uang di tempat yang ramai seperti di minimarket atau sejenisnya.
  8. Pahamilah berapa limit yang bisa anda tarik per hari karena setiap jenis ATM berbeda-beda.
  9. Jangan memasukkan nominal yang berlebihan karena lubang mesin sangat kecil, misalnya anda mengambil uang Rp 5.000.000 sekaligus dengan denom 50 ribuan, maka uang tidak akan keluar dan anda harus mencobanya lagi. Jadi sebaiknya melakukan dua kali transaksi yaitu dengan menarik masing-masing Rp 2.500.000 sebanyak dua kali.


Cara Mengambil Uang Di ATM di Bank Mana Saja
  1. Datang ke ATM terdekat.
  2. Pastkan menggunakan mesin ATM yang sesuai dengan kartu yang anda miliki.
  3. Masukkan kartu ke mesin ATM dengan benar, misalnya saat menggunakan BCA pastikan logo berada di atas, tetapi tidak masalah misalnya terbalik saat memasukkan kartu, karena nanti akan kembali keluar jika salah.
  4. Masukkan password kartu ATM.
  5. Pilih nominal yang ingin ditarik.
  6. Uang akan keluar dengan sendirinya bersamaan dengan keluarnya struk hasil transaksi.
  7. Selanjutnya akan keluar pertanyaan "apakah anda ingin melakukan transaksi lain?"
  8. Tekan "YA" dan masukkan password kembali jika ingin melakukan transaksi lagi, tetapi tekan "TIDAK" jika anda tidak ingin melakukan transaksi lainnya dan Kartu ATM akan langsung keluar dengan sendirinya.

Kenapa Struk di Mesin ATM Tidak Keluar?

Itu bisa terjadi karena dua kemungkinan, yang pertama adalah kertas struk yang ada di dalam sudah habis, dan yang kedua kebanyakan mesin saat ini di setting untuk tidak mengeluarkan struk jika anda menarik uang dengan memilih nominal secara langsung seperti pada gambar diatas, dan akan bisa mengeluarkan struk jika anda menarik uang dengan cara memilih "jumlah lain" dan memasukkan nominal secara manual saat penarikan uang.


Selain cara manual seperti diatas, saat ini banyak bank yang sudah menyediakan aplikasi mobile yang bisa digunakan untuk transaksi non tunai seperti transfer, cek mutasi, hingga penarikan uang. Seperti halnya Mobile Banking BCA yang bisa digunakan untuk menarik uang dan setor uang di ATM tanpa kartu dan caranya adalah sebagai berikut.


Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BCA

  1. Download aplikasi M-Banking BCA.
  2. Daftar terlebih dahulu, jika sudah mendaftar silahkan masuk dengan menggunakan password aplikasi yang sudah ada.
  3. Pilih menu cardless.
  4. Pilih tarik tunai.
  5. Pilih nominal yang akan ditarik minimal Rp 50.000 jika mesin yang anda gunakan menggunakan denom 50ribuan, atau anda bisa menginput secara manual pada bagian nominal lain.
  6. Selanjutnya akan ada pemberitahuan "Pastikan saldo rekening tersedia saat penarikan tunai di ATM pecahan 50.000 maupun 100.000
  7. Klik OK.
  8. Masukkan PIN ATM
  9. Datang ke ATM BCA terdekat.
  10. Pilih "Transaksi Tanpa Kartu"
  11. Masukkan nomor HP yang sudah terdaftar di BCA Mobile.
  12. Masukkan kode transaksi yang terdiri dari 6 digit angka hasil dari aplikasi penarikan menggunakan Mbanking tadi.
  13. Tarik uang, selesai.

Kesimpulan

Tarik uang di mesin ATM memang mudah, tetapi banyak hal yang harus diperhatikan supaya transaksi menjadi lebih aman dan lancar. Selain itu sekarang ini juga sudah banyak aplikasi Mobile banking yang bisa mempermudah anda untuk melakukan transaksi non tunai dari mana saja dan kapan saja. Dan yang terpenting adalah bisa menarik tunai tanpa kartu, karena kartu ATM belum tentu setiap saat selalu dibawa, berbeda dengan ponsel yang hampir setiap hari selalu di dalam genggaman.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengambil Uang di ATM - Untuk Berbagai Jenis Bank Dengan Benar dan Aman Bagi Pengguna Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel