Uang tertelan saat setor tunai di mesin atm, Jangan khawatir pasti kembali

Apakah uang yang tertelan mesin atm bisa kembali?


Saya disini akan menceritakan pengalaman saat melakukan setor tunai di ATM BRI daerah depok tiba-tiba uang tertelan dan tidak masuk ke rekening.

Awalnya saya belum pernah mengalami hak seperti ini sebelumnya, Jadi Singkat cerita saya dimintai tolong teman buat transfer ke teman nya sebesar 450ribu. Berhubung saldo di ATM saya tinggal 75ribu. Saya harus setor tunai dulu ke ATM terdekat, kebetulan tidak jauh dari tempat saya kerja ada mesin setor tunai, tepatnya di Bank BRI depan Mako Brimob Kelapa Dua Depok. Pada tanggal 8 Agustus 2019.

Kebetulan saya punya dua ATM BRI, satu punya saya sendiri dan satunya lagi punya istri saya dan kata sandinya pun berbeda. Berhubung saya pada saat itu sedang buru-buru. Apalagi punya tanggungan pekerjaan yang sedang saya tinggalkan keluar, dan banyak orang yang sedang antri di ATM. Saya langsung saja memasukkan kartu ATM. 

Dan ternyata kata sandi yang saya masukkan salah, malah kata sandi ATM punya istri yang saya masukkan. Tapi saya dalam hati berkata “ahh gapapa lah ya, paling ntar disuruh memasukkan kata sandinya lagi” saya langsung memilih setor tunai dan memasukkan uang sejumlah 4lembar 100ribu / 400ribu. Dan tiba-tiba Kartu ATM saya keluar dengan sendirinya. Saya curiga orang password yang saya masukkan tadi salah, dan juga tidak ada struk yang ikut keluar maupun tulisan di monitor bahwa transaksi saya berhasil  malah yang saya ingat kalau nggak waktu itu ada tulisan terima kasih telah menggunakan bla bla bla.

Tanpa menghiraukan orang yang antri saya langsung saja memasukkan kartu ATM nya kembali dan mengecek Mutasi nya, nah loh kok ada dua keterangannya ada (D) dan (C) yang masing masing jumlahnya 400.000.
Seperti foto yang saya ambil dibawah ini



Saya berfikir apa jangan-jangan mesinnya error dan uang yang masuk ke rekening 2kali 400ribu ya, Rumayan atuh 800ribu. Ternyata pas saya cek saldo uang nya masih sama aja 75ribu. Saya langsung bingung karena itu bukan uang saya, Untungnya mesin ATM bersebelahan dengan kantor BANK BRI, tanpa berfikir panjang saya langsung masuk dan bertanya kepada Bapak Polisi yang waktu itu sedang menjaga di depan pintu masuk kantor, saya menceritakan kejadian tersebut sampai saya ajak pak polisi itu ke mesin ATM buat ngebuktiin kalo mesin nya error duitnya nggak mau kebuka, di pikiran saya waktu itu mengira mesin nya akan dibongkar dan uang saya akan dikembalikan. Tapi ternyata tidak, saya malah disuruh antri dan melaporkannya kepada Customer Service bank.

Tiba saatnya nomor antrian saya dipanggil dan bertemu dengan mbak CS yang ramah sekali, kemudian mbak nya langsung menanyakan bawa buku tabungan, KTP, dan kartu ATM apa tidak, saya hanya membawa KTP dan Kartu ATM saja, ATM saya langsung diminta dan dicek lewat Komputer katanya tidak ada transaksi pada saat itu, selanjutnya saya menyerahkan bukti struk mutasi yang saya fotoin diatas tadi, dan mbak nya langsung membantu membuat laporan ke kantor pusat, dan mbak CS bilang kalau di bank tersebut tidak bisa mengembalikan uangnya, Tapi akan dibantu membuat laporan.
Saat ditelpon saya dibantu menjawab pertanyaan dari abang CS di kantor pusat, saya di tanyain beberapa hal berikut ini.



Apa Saja Yang Harus Disiapkan Saat Uang Tertelan di Mesin ATM? 

  1. Jenis Tabungan.
  2. Nomor Rekening.
  3. Nama Ibu Kandung.
  4. ID Bank / Mesin ATM.
  5. Jumlah Uang.
  6. Jam pada saat kejadian Uang Tertelan.



Setelah saya jawab semua saya disuruh menunggu sekitar 20 hari kerja kalau nggak salah tidak termasuk hari libur. Dan dikasih nomor tiket kalau setelah 20hari uang tidak masuk ke rekening disuruh laor ke bank lagi menanyakan nomor tiket tersebut. 



Setiap hari saya gelisah menunggu kabar malah pas baca di internet komentarnya beragam ada yang bilang uang tidak dikembalikan dan sebagainya.

Tapi alhamdullilah pada saat ini tanggal 18 Agustus 2019 saya iseng cek saldo uang saya sudah masuk sebesar 400ribu. Jadi dari pengalaman saya bukan bermaksud menjelek2an bank atau yang lainnya, namanya juga mesin kan buatan manusia pasti juga ada salahnya. Hehe, saran saya sih supaya tidak terjadi hal yang saya alami ini, lebih hati-hati saja jangan sampai salah memasukkan password, password nya bukan kopi nikmat nggak bikin kembung ya.. haha

Kalau yang sudah terlanjur uangnya tertelan di mesin ATM, jangan panik dan mengamuk di BANK, karena itu sangat mengganggu ketertiban umum. Karena semua ada prosedurnya.

Ini ceritaku tentang uang tertelan di atm setor tunai bri, Jika ada kata-kata yang salah saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.


7 Komentar untuk "Uang tertelan saat setor tunai di mesin atm, Jangan khawatir pasti kembali"

  1. Kalo kita tidak melaporkan jika uang tertelan pas setor tunai itu gimana
    Apakah saldo yg tertelan tetap bisa masuk ke rekening kita

    BalasHapus
  2. kurang tau kalo itu kak. tapi bagusnya sih langsung lapor, takut mesin tidak mendeteksi uang yang tertelan dari atm siapa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana kalau tertelan karena salah pin 3x

      Hapus
    2. Sama aja pak. Untuk lebih jelasnya lagi langsung tanya ke security atau pihak bank nya langsung ya.

      Hapus
  3. Smlm atm suami saya juga gitu kak. Jadi semlm setor tunai disalah satu bank Bri di Bekasi Utara. Uang ketelen mesin tapi saldo rekening tidak bertambah. Tapi lgsg tlpn Csnya kak. Biasanya berapa hari ya bisa kembali uangnya. Thks kak

    BalasHapus
  4. Saya baru saja tertelan , pasti bisa kembali kan mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti kembali kak, yang penting sudah laporan ke CS nya

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel