Ads

Jam Tayang Youtube Tidak Bertambah - Inilah Cara Menghitung Jam Tayang Berdasarkan Sumber Trafiknya

Kenapa Jam Tayang Youtube Tidak Bertambah?


Inilah yang membuat kita bertanya-tanya sebagai Youtuber Pemula. Yang sedang mengejar persyaratan untuk memenuhi 4000 Jam tayang. Saya mempelajari kasus dari channel seseorang yang saya hubungi lewat pesan singkat facebook berikut ini.


Perhatikan gambar diatas, channel dengan jumlah subscriber 4.560 dan waktu tonton 1juta menit, jika di konversi menjadi jam yaitu 1.000.000 Menit dibagi 60 yaitu sekitar 16.666 jam. Harusnya sudah memenuhi syarat dong. Tapi ternyata tidak, kalian bisa lihat gambar dibawah ini setelah dicek.


Yang valid cuma 257 jam saja, inilah kenapa kita harus tau teknik menambah jam tayang yang baik dan benar. Maka dari itu saya menyarankan anda buat membaca artikel ini sampai selesai.

Penyebab tidak bertambahnya jam tayang youtube adalah sumber trafik itu sendiri, belakangan ini youtube mengeluarkan fitur baru yaitu shorts video, hal itu yang menyebabkan video dengan kategori atau memenuhi syarat shorts video penayangan akan naik secara drastis. Saya sendiri juga sudah mencobanya. Bisa dibaca pada artikel saya sebelumnya berikut ini.
Shorts Video Youtube bisa menambah penayangan dengan cepat dan akan diikuti penambahan subscriber alami yang signifikan jika penayangan terus naik. Sangat disarankan untuk youtuber pemula. 


Cara Menghitung Jam Tayang Youtube yang Bisa Menambah Persyaratan 4000 Jam


Berdasarkan Sumbernya ada 4 Jenis Yaitu
  • Shorts.
  • Rekomendasi Video.
  • Langsung atau Tidak Diketahui (Direct).
  • Fitur Jelajah (Search Organik).

Dari 4 diatas ada 3 sumber yang bisa menambah persyaratan 4000 jam tayang yaitu rekomendasi video, langsung atau tidak diketahui, dan fitur jelajah. Untuk saat ini Shorts belum termasuk jam tayang yang dihitung.


Oke saya ilustrasikan dari hasil shorts video di channel youtube saya yaitu puzut channel yang bisa kalian subscribe pada tombol bagian kanan atas yang sudah saya buat.

Presentase diatas adalah penayangan salah satu video shorts saya yang sedang naik. sumber shorts video adalah yang paling tinggi yaitu 95,6% dan sisanya sekitar 4,4%. Nah yang bisa menambah persyaratan 4000 jam tayang adalah yang 4,4% tinggal kalian hitung saja dengan jumlah menit yang didapatkan per video.
4,4% X 51.620 Menit = 2.271.28 Menit
Atau 37 Jam.

Apakah Video Shorts Menambah Jam Tayang?

Jadi untuk menjawab pertanyaan apakah video short bisa menambah jam tayang jawabannya adalah tidak bisa, sekalipun itu bisa peluangnya akan sangat kecil. Tapi bagi anda yang selalu konsisten dan sukses dengan video shorts youtube, tetap semangat dan fokus saja dalam membuat konten karena video shorts juga bisa mendapatkan penghasilan dengan cara yang lain selain monetisasi, bisa untuk menjual produk, mempromosikan link affiliate, atau hanya sekedar menambah engagement dan menambah subscriber dengan cepat.


KESIMPULAN

Memang dari sekian ribu menit waktu tonton saya cuma mendapatkan 37 jam. Tapi saya diuntungkan dengan bertambahnya subscriber buntut dari naiknya penayangan diatas. Dan peluang untuk dimonetasi juga semakin cepat, jadi harus diimbangi dengan video-video lain selain shorts video youtube. Itu karena cara cepat menambah 4000 jam tayang adalah dengan membuat video dengan durasi minimal 1 menit supaya bisa masuk kedalam hitungan jam tayang Youtube.