Cara Membuat Shorts Video Youtube - Fitur Terbaru Untuk Menambah Jam Tayang dan Subscriber dengan dengan Cepat dan Aman

Cara Membuat Shorts Video Youtube - Fitur Terbaru Untuk Menambah Jam Tayang dan Subscriber dengan dengan Cepat dan Aman




Cara Membuat Shorts Video Youtube



Penayangan Meningkat 616% Dalam Seminggu Hanya dengan membuat Shorts Video Youtube


Apa itu Youtube Shorts?

Video pendek sekarang ini memang sedang naik daun, berbagai aplikasi mulai bermunculan karena minat pengguna internet untuk hiburan terutama video pendek semakin naik dan Youtuber pemula wajib tahu akan hal ini. Seperti Tiktok, Snack Video, dan masih banyak lagi. Termasuk Instagram yang belakangan ini mengeluarkan instagram reels. Ciri khas dari video shorts adalah video vertikal dengan durasi singkat dan dilengkapi tombol love atau like, komentar dan tombol bagikan pada bagian pojok kanan bawah, dan saya rasa modelnya semua sama setelah saya perhatikan.

Alasan itu juga mungkin yang membuat youtube menambahkan fitur Shorts Video baru-baru ini. Awalnya saya juga secara tidak sengaja melihat kolom video singkat yang mirip dengan story, saat itu juga saya langsung melakukan riset, channel yang memasang video singkat itu ternyata memiliki subscriber yang dibawah 1000, bahkan ada yang masih ratusan. Tetapi video tersebut jumlah penayangannya ratusan ribu, dan ada juga yang jutaan.

Apakah di Indonesia Sudah Tersedia Fitur Shorts Youtube Beta?

Jawabannya adalah belum, fitur terbaru youtube ini setelah saya membaca dari situs resminya. Pertama kali dirilis di negara India dan diikuti Amerika Serikat. Kemudian beberapa negara dibawah ini menyusul.
  • Argentina
  • Aruba
  • Bermuda
  • Bolivia
  • Brasil
  • Kanada
  • Kepulauan Cayman
  • Cile
  • Kolombia
  • Kosta Rika
  • Republik Dominika
  • Ekuador
  • El Salvador
  • Guatemala
  • Honduras
  • India
  • Meksiko
  • Nikaragua
  • Panama
  • Paraguay
  • Peru
  • Kepulauan Turks dan Caicos
  • Inggris Raya
  • Amerika Serikat
  • Uruguay
  • Venezuela
Jika kalian mencari negara Indonesia pasti tidak akan ketemu, tetapi kalian jangan khawatir. Karena kita yang tinggal di Indonesia masih tetap bisa membuat shorts youtube video secara manual.

Awalnya saya berfikir video tersebut adalah konten youtuber lama yang diunggulkan, karena video itu diunggah beberapa tahun yang lalu, tetapi saya ada channel yang dibuat pada tahun 2012, subscriber dan penayangannya tidak bertambah.

Setelah melihat beberapa channel dengan video singkatnya, saya pun semakin penasaran dan mencoba membuat video singkat dengan format yang sama pada shorts video youtube yang sering saya lihat. dan memang benar, baru saja unggah video pada malam hari, keesokan harinya saya coba cek aplikasi youtube dashboard studio penayangan video singkat itu sudah 500 lebih. kemudian saya cek sumber trafficnya, dan memang benar berasal dari shorts.


Kalian bisa cek sendiri Channel Youtube saya
Banyak sekali Youtube Shorts Video yang saya buat dan mendapatkan penayangan ribuan dan akan terus bertambah.

Cara membuat Shorts Video Youtube atau Youtube Shorts


1. Buatlah video dengan kamera vertikal (Berdiri)
2. Ukuran video 1080 x 1920.
3. Durasi Video dibawah 1 Menit.
4. Unggah video ke youtube seperti biasa.
5. Tambahkan hastag #shorts pada bagian deskripsi video.

Cara tersebut sudah saya coba dan berhasil, seperti pada contoh salah satu video berikut ini.



Apakah Membuat Shorts Video Youtube Bisa Menambah Jam Tayang?

Tentu saja bisa, karena ini adalah fitur yang diberikan youtube dan tidak melanggar aturan, jadi sangat aman. Untuk jumlah menit atau jam tayang akan terupdate pada bagian dashboard studio Youtube, dan untuk yang sedang mengejar 4000 jam tayang, sumber video shorts tidak akan bertambah disitu, tapi kemungkinan kedepannya bisa berbeda. Tetapi jangan khawatir, karena dari satu video apalagi jika memiliki kualitas yang bagus, dengan tumbnail yang menarik. Sumber traffic lain seperti fitur jelajah / pencarian juga akan bertambah. Dan itulah yang nanti akan menambah jam tayang untuk mengejar 4000 jam.
Apakah Membuat Shorts Video Youtube Bisa Menambah Subscriber?

Bisa, semakin bertambahnya penayangan. Subscriber pun juga akan bertambah sedikit demi sedikit. Mungkin bagi kebanyakan Youtuber sudah paham betul dengan hal ini.


Apakah Membuat Shorts Video Youtube Bisa Membuat Channel Di Monetisasi Google Adsense?

Bisa, selama tidak melanggar aturan dan pedoman komunitas. Asalkan video original, dan persyaratan 4000 jam sudah terpenuhi. Saya sebelumnya mengecek channel dari sumber video singkat juga, dengan subscriber 1000an dan sudah tayang iklan. Karena selain dari video singkat ada beberapa video lain dengan durasi diatas satu menit yang penayangannya ikut naik juga.

Info Terbaru Mengenai Shorts Video Menghasilkan Uang

Belakangan ini sosial media dihebohkan dengan informasi mengenai youtube yang akan menggelontorkan dana sebesar 100 Juta Dollar yang akan digunakan khusus untuk membayar para kreator shorts video, atau sekitar 1,4 Triliun Rupiah. Jumlah itu termasuk fantastis, kita tunggu saja apakah info itu benar karena saya juga belum membaca info tersebut langsung dari pihak youtube, mungkin youtube tidak mau kalah dengan Tiktok dan Snackvideo yang akhir-akhir ini melakukan promosi besar-besaran dengan membagikan uang hanya dengan menginstall aplikasi dan mengundang teman sebanyak-banyaknya.

Bagaimana Cara Upload Youtube Shorts Video Setelah Versi Beta Apk Sudah Tersedia?
  1. Masuk ke akun youtube menggunakan ponsel.
  2. Pilih tombol + (plus) pada bagian bawah.
  3. Pilih buat video shorts beta.
  4. Rekam video dibawah 1 menit dengan menekan tombol rekam, jika ingin menambahkan musik durasi video tidak boleh melebihi 15 detik.
  5. Jika sudah selesai, video shorts tinggal ditambahkan judul dan ketuk upload.
  6. Selesai. 


Kesimpulan

Membuat Shorts Video Youtube adalah cara yang sangat cocok, apalagi untuk youtuber pemula untuk mengejar 4000 Jam Tayang dan 1000 Subscriber dengan aman dan cepat. Asalkan tidak melanggar aturan dan pedoman komunitas yang ada di Youtube. Jadi tetaplah membuat video yang original, jangan seperti video singkat yang kebanyakan berisi mbak mbak goyang tiktok nggak berfaedah. Karena selain melanggar hak cipta. Channel seperti itu tidak akan bertahan lama. Sudah banyak Youtuber pemula yang sukses dan menjadikannya sebagai pekerjaan fulltime, bukan hanya sampingan saja. 

Dan yang terakhir, jangan lupa subscribe channel youtube saya ya? hehe

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Shorts Video Youtube - Fitur Terbaru Untuk Menambah Jam Tayang dan Subscriber dengan dengan Cepat dan Aman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel