Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Enthung Goreng Makanan Tradisional Yang Sering ditemui di Wonogiri Jika Sudah Musimnya


Apa itu Entung?

Entung adalah nama lain dari kepompong dalam bahasa jawa. Pasti kalian saat masih di bangku sekolahan dan mendapatkan pelajaran IPA sudah mengenal kepompong dengan metamorfosis sebagai berikut.
  1. Telur.
  2. Kepompong / Pupa.
  3. Kupu-Kupu Muda.
  4. Kupu-Kupu Dewasa.
Nah entung yang biasa dimakan itu adalah kepompong / pupa. Di kampung halaman saya pada saat masih kecil yaitu di Wonogiri, Jawa Tengah. Jika sudah musimnya kita sering berburu entung untuk dikonsumsi. Meskipun saya tidak terlalu suka, tetapi banyak yang rela untuk membelinya daripada harus susah payah mencari dulu ke pohon-pohon.

Ada dua jenis entung yang sudah familiar buat saya, meskipun masih banyak entung-entung yang lain dan belum tau bisa dikonsumsi atau tidak. Yaitu Entung Jambu dan Entung Jati.

Entung Jambu berasal dari pohon jambu mete atau kacang mede. Bentuknya lebih besar jika dibandingkan dengan entung jati. Sedangkan Entung Jati berasal dari pohon jati dan bentuknya relatif lebih kecil. Kedua pohon itu tumbuh banyak di Wonogiri jadi sudah tidak heran lagi jika saat musimnya banyak sekali ulat bulu yang berserakan. 

Entung bisa diolah dengan berbagai macam menu masakan, tetapi biasanya dijadikan entung goreng saja karena lebih simpel dan mungkin cocok untuk dijadikan camilan. Jika kalian mau menambahkan tentang entung, langsung saja komentar dibawah supaya kita bisa saling berbagi dengan pembaca lainnya.

Posting Komentar untuk "Enthung Goreng Makanan Tradisional Yang Sering ditemui di Wonogiri Jika Sudah Musimnya"