Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara optimasi blogspot untuk meningkatkan traffic dengan cepat

Bagi blogger atau penulis blog terutama blogger pemula, pasti sering banget mendengar kata-kata optimasi. Jika kalian gabung di forum diskusi blogger entah itu grup whatsapp, grup facebook, dan lain sebagainya. Belajar dari pengalaman, di grup tersebut pasti pernah ada seorang suhu blog yang membagikan testimoni grafik perkembangan blog setelah di optimasi.

Yang bikin kesal itu saat kita sebagai blogger pemula komentar disitu tidak akan dijawab sama suhu tersebut. Maka dari itu, saya akan membahas gimana sih cara optimasi blogspot dan optimasi SEO di artikel ini.

Kenapa Optimasi Blogspot?

Karena saya menulis blog menggunakan blogspot atau blogger. Bukan wordpress atau lainnya.

Apa itu Optimasi SEO?

Optimasi SEO menurut saya sendiri adalah cara mengoptimalkan keyword yang ada didalam blog sampai menaikkan peringkat bahkan page one. Yaitu artikel yang dibuat di blog saat dicari menggunakan mesin pencari seperti google, artikel tersebut berada pada posisi pertama. Sehingga peluang untuk dibaca sangatlah tinggi.

Banyak sekali memang optimasi yang harus dilakukan, seperti memasang backlink misalnya. tapi memasang backlink saja tidak cukup, karena jika artikel tanpa pengunjung ada backlink puluhan pun pasti akan sangat susah untuk menaikkan traffic.

Untuk optimasi SEO, saya menggunakan Google Search Console. Jadi bagi yang belum pernah menggunakan, silahkan mendaftar terlebih dahulu. Nah untuk yang sudah menggunakan google search console. Simaklah cara optimasi blogspot berikut ini.

Sebelum di optimasi

Setelah di optimasi


Gambar diatas adalah perbandingan hasil klik yang saya ambil dari google search console yang saya ambil sampel per 6 hari dan seminggu. Gambar yang atas bulan Oktober 2020, dan yang bawah bulan Januari 2021 karena jarang banget update artikel, bahkan rata-rata seminggu cuma mampu menulis satu artikel.

Gambar sebelum optimasi jika diperhatikan disitu dari total 1270 blog saya muncul di pencarian google hanya 61 saja yang mampir atau klik blog saya, atau sekitar 4,8 % saja. Rata-rata posisi artikel saja di angka 11. Karena masih sedikit postingan yang page one.

Sedangkan gambar yang sudah saya optimasi diatas, ada kenaikan yang rumayan meskipun tidak terlalu signifikan, tapi alhamdullilah ada peningkatan. Dalam waktu satu minggu, postingan saya yang muncul di pencarian google ada sekitar 10.000 lebih, dan yang mampir ada 801 atau 8%. Rata-rata peringkat pun di angka 9, naik dua angka dari bulan Oktober.

Optimasi yang saya lakukan hanyalah mengoptimalkan keyword dari hasil export data dari google search console. Cukup klik tombol export pada bagian pojok kanan atas, dan pilih file yang sesuai yang diinginkan.


Setelah file di export, akan muncul keyword-keyword dengan rincian jumlah klik, impression, CTR, dan rata-rata posisi pada pencarian google.



Selanjutnya tinggal dimaksimalkan saja keyword mana yang lagi ramai, terserah mau memaksimalkan artikel yang ada atau membuat postingan baru dari keyword tersebut, karena kompetitor saat ini rumayan berat. Jadi kita harus membuat artikel yang jauh lebih baik dan lengkap tentunya.








Posting Komentar untuk "Cara optimasi blogspot untuk meningkatkan traffic dengan cepat"