Ads

Aktivitas Yang Meningkatkan Gerakan Motorik Untuk Anak

Anak penting sekali untuk melakukan aktivitas fisik yang sangat berpengaruh pada tumbuh kembangnya sehingga bisa lebih optimal. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh orangtua adalah dengan melatih motorik anak yang bisa dilakukan dengan melakukan gerakan motorik untuk merangsang sarafnya agar membuat anak bisa berkembang dengan baik sesuai dengan usianya.

Gerakan motorik adalah jenis yang akan membuat anak bisa untuk mengembangkan kemampuan mengontrol gerakan tubuh dan manipulasi objek. Sehingga dengan melakukan gerakan ini ketika otot tersebut akan dapat untuk menggerakkan perintah dari sistem saraf pusat. 

Perkembangan motorik ini memerlukan koordinasi dan kontrol yang baik sehingga akan bisa melakukan gerakan sesuai dengan keinginan. Di mana perkembangan motorik ini perlu untuk dilatih utamanya sejak balita yang bisa dilakukan dengan beberapa kegiatan seperti berikut ini:

  • Aktivitas yang dapat merangsang perkembangan motorik anak adalah dengan melakukan kegiatan seperti melipat kertas. Kegiatan ini bisa dilakukan untuk bisa melatih jari tangan sekaligus dapat membuat anak fokus untuk melipat kertas dengan hasil yang diinginkan.
  • Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunting origami yang bisa melatih kesabaran dan bisa membangun rasa percaya diri. Gerakan ini juga bisa melatih koordinasi jari tangan sangat menggunting ke bentuk yang diinginkan.
  • Aktivitas melompat di atas trampolin juga bisa digunakan untuk merangsang saraf motorik yang membantu melatih keseimbangan anak.
  • Aktivitas bermain puzzle juga dapat dilakukan untuk dapat membantu anak untuk menyelesaikan tantangan dan bisa membuat anak lebih teliti dan fokus.
  • Aktivitas bermain pistol air juga bisa merangsang saraf motorik dapat melakukan koordinasi dengan baik untuk memegang satu maupun menggunakan dua tangan.
  • Aktivitas memasak juga bisa digunakan untuk merangsang saraf motorik halus anak dengan menyeimbangkan gerakan pergerakan tangan.
  • Aktivitas berenang juga bisa digunakan untuk merangsang saraf motorik kasar untuk menggerakkan seluruh anggota tubuh.

Serta masih banyak aktivitas lainnya yang bisa membantu untuk merangsang saraf halus dan kasar pada anak. Berbagai kegiatan tersebut bisa diketahui dengan mengikuti program aktivitas fisik gratis dari AnakBoks dengan permainan yang memberikan manfaat untuk membantu tumbuh kembang anak termasuk merangsang saraf motoriknya.