Ads

Hubungan Antara Pertumbuhan Ekonomi Dan Sektor Properti

Sektor properti memiliki peran penting dalam perkembangan berbagai aspek seperti pada aspek ekonomi, sosial, dan budaya. Dalam aspek ekonomi, sektor properti memegang peranan yang penting, terutama dalam membantu ekonomi suatu daerah berkembang dan ikut serta menyumbang pendapatan suatu daerah melalui pajak bumi bangunan. Kian hari, sektor properti semakin berkembang karena pembangunan akan selalu berjalan dan bisnis dijual belinya bangunan terus berjalan.

Korelasi Antara Pertumbuhan Ekonomi Dan Perkembangan Sektor Properti

Hubungan antara pertumbuhan ekonomi suatu daerah dengan perkembangan pada sektor properti tidak dapat dipisahkan. Di satu sisi sektor properti yang berkembang akan meningkatkan kesejahteraan rakyat dan menaikkan tingkat pertumbuhan ekonomi daerah, namun di sisi lain juga ekonomi yang tumbuh juga merupakan salah satu faktor yang membantu sektor industri dapat berkembang.

Peran Sektor Properti Dalam Perekonomian

Peran dari usaha dalam sektor properti seperti penyedia layanan pembangunan dan usaha real estat memberikan dampak yang baik pada laju perekonomian daerah. Sektor properti yang dapat berkembang dengan baik di suatu daerah menandakan bahwa daerah tersebut memiliki perekonomian yang bagus.

Selain itu sektor properti juga membawa dampak positif dalam menjalankan roda ekonomi. Berikut adalah beberapa peran yang dimiliki oleh sektor properti dalam perekonomian.

Membantu Perekonomian Daerah tumbuh

Sektor properti turut ikut andil dalam membantu pertumbuhan perekonomian dari suatu daerah dan bahkan suatu negara. Sektor properti berkontribusi meningkatkan ekonomi melalui kegiatan konstruksi, pengembangan perumahan, dan investasi properti.

Sebagai contoh ketika investasi properti berkembang, maka kegiatan pembangunan juga akan semakin ramai dan karena permintaan terhadap bahan bangunan naik dan harga bangunan juga naik. Sehingga penyedia bahan bangunan bisa mendapatkan untung dari penjualan.

Menciptakan Lapangan Kerja

Selain meningkatkan level perekonomian secara langsung, perkembangan sektor properti juga akan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Dengan berkembangnya sektor properti maka kebutuhan untuk tenaga kerja dalam bidang pembangunan properti. Karena sektor properti menyerap orang-orang untuk bekerja sehingga mengurangi angka pengangguran dan menaikkan perekonomian daerah tersebut.

Mengembangkan infrastruktur dan Kota

Perkembangan sektor properti juga turut berperan terutama dalam mengembangkan infrastruktur dan kota. Dengan sektor properti yang berkembang, pembangunan infrastruktur dan kota juga akan semakin cepat.

Infrastruktur juga berperan penting bagi perekonomian karena infrastruktur seperti jalan akan dapat memperlancar distribusi dan pengiriman berbagai barang yang nantinya dijual sehingga dapat menaikkan keadaan perekonomian negara. 

Mempengaruhi Laju Suku Bunga

Aktivitas dalam sektor properti dapat mempengaruhi berbagai kebijakan mengenai suku bunga oleh bank pusat. Kenaikan suku bunga yang dilakukan oleh bank pusat dilakukan untuk mengendalikan perkembangan pada bidang properti apabila perkembangannya terlalu cepat. 

Menjadi Salah Satu Sumber Pendapatan Pemerintah (pajak)

Sektor properti juga menjadi salah satu sumber ekonomi bagi pemerintah melalui pajak bumi dan bangunan. Pajak yang dihimpun oleh pemerintah nantinya dapat digunakan untuk mendanai berbagai proyek infrastruktur lainya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian daerah.

Sektor properti merupakan sektor yang sangat penting bagi perekonomian daerah dan negara. Perkembangan sektor properti dapat mempengaruhi perekonomian melalui berbagai cara yaitu dengan membantu peningkatan dalam perekonomian daerah, menciptakan lapangan kerja, mengembangkan infrastruktur kota, mempengaruhi kebijakan suku bunga, dan menjadi salah satu sumber. 

Dalam kondisi sektor properti yang terus berkembang seiring tumbuhnya perekonomian negara akan ditandai dengan naiknya harga properti yang dijual pada masyarakat. Naiknya suatu harga nantinya juga akan disusul oleh naiknya pendapatan yang dapat diperoleh masyarakat.