Ads

Pentingnya Menjalankan Usaha Sampingan Sambil Kerja

Bekerja di sebuah perusahaan belum tentu bisa menjamin kesuksesan di masa yang akan datang. Sekalipun kita berstatus sebagai karyawan tetap di sebuah perusahaan besar, banyak hal bisa terjadi termasuk PHK yang bisa terjadi kapan saja dan ini juga pernah saya alami beberapa bulan yang lalu.

usaha sampingan sambil kerja

Namun berkat usaha sampingan yang sudah lama saya siapkan yaitu dari semenjak saya kuliah, layoff atau PHK yang saya alami ini tidak terlalu mengganggu perekonomian saya dan keluarga, dan alhamdulillah saya bersyukur dengan Allah SWT karena selalu dipermudah dari segala urusan dan rezeki yang melimpah meskipun sudah tidak terikat kerja dengan perusahaan manapun.

Lalu apa saja usaha sampingan yang saat ini saya jalankan? yang penasaran silahkan baca artikel ini hingga selesai ya.

Apakah Usaha Sampingan Sambil Kerja Diperbolehkan?

Membangun bisnis atau usaha sampingan sambil kerja sangat boleh dilakukan siapa saja, asal semua kegiatan usaha sampingan dilakukan diluar jam kerja dan tidak mengganggu pekerjaan utama kita karena kita harus tetap bertanggung jawab dengan semua pekerjaan yang wajib diselesaikan supaya uang gaji yang diterima menjadi berkah buat keluarga.

Meskipun terlihat sepele, mempersiapkan usaha sampingan saat masih bekerja sangatlah penting sebagai bekal nantinya saat sudah tidak bekerja atau pensiun. Bahkan dengan berkembangnya teknologi digital, banyak sekali peluang usaha digital yang tidak membutuhkan modal sama sekali dan hanya mengandalkan internet untuk menghasilkan uang hingga passive income yang nilainya tak terhingga atau unlimited dan jauh lebih besar dari gaji yang pernah kita terima.

Kenapa Saya Tidak Kembali Melamar Kerja di Perusahaan Lain?

Pengalaman tidak enak pernah saya alami saat melakukan interview dengan sebuah perusahaan manufaktur yang tidak akan saya sebut nama perusahaannya. Meskipun terlihat sepele tetapi pengalaman tersebut sempat membuat mental saya turun dan trauma jika harus melakukan interview lagi dengan HRD.

Saat itu saya diberikan sebuah pertanyaan dari HRD yaitu do and don'ts jika sudah diterima untuk bekerja di perusahaan tersebut. Dan saya baru pertama kali mendapatkan pertanyaan ini yang membuat saya sedikit kesulitan untuk menjawab dan membuat saya blank tanpa kata sedikit pun.

Kebingungan yang saya alami ini membuat HRD langsung menyudahi begitu saja dan memutuskan google meet yang sedang berlangsung dengan ekspresi sedikit kesal dan marah. 

Saya sendiri adalah seorang introvert dan memiliki kemampuan public speaking yang kurang baik karena jarang bersosialisasi dengan banyak orang secara langsung. Apalagi jika bertemu orang baru, saya agak sedikit kaku untuk membuka suatu obrolan.

Selain pengalaman yang kurang enak diatas, faktor umur juga menjadi salah satu alasan karena saat ini saya sudah memasuki umur 28 tahun dan sudah menikah. Banyak lowongan pekerjaan menjelaskan bahwa kualifikasinya adalah Pria atau Wanita yang belum menikah dan umur maksimal 27 tahun. Apalagi pengalaman yang sudah saya dapatkan saat bekerja di perusahaan sebelumnya hanyalah level admin yang membuat saya kurang percaya diri untuk melamar pekerjaan baru di perusahaan lain.

Usaha Sampingan Yang Berjalan Setelah Terkena PHK

Saat masih bekerja part time untuk memenuhi biaya kuliah, saya begitu antusias dengan berbagai hal yang berhubungan dengan usaha yang bisa dijalankan secara online, dan saat itu saya memilih untuk menjadi konten kreator youtube dengan harapan mendapatkan uang dari google adsense yang alhamdulillah bisa saya gunakan untuk membayar biaya kuliah saat itu.

Seiring berjalannya waktu saya semakin tertarik dengan hal lain yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang secara online dan saat ini saya sedang menekuni beberapa hal berikut untuk menghasilkan uang dari internet.

  1. Google adsense blogger dan youtube channel.
  2. Jasa backlink atau content placement.
  3. Konten kreator.
  4. Affiliator brand food & beverage di sebuah platform digital.
Meskipun saya hanya memilih 4 opsi diatas, alhamdulillah bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menabung. Penghasilan yang saya dapatkan juga jauh lebih besar dari gaji yang sebelumnya saya terima saat bekerja di perusahaan.

Selain empat peluang diatas, masih banyak lagi peluang untuk menghasilkan uang dari internet tanpa modal dan halal tentunya. Namun saat ini saya masih fokus dengan 4 opsi diatas supaya lebih berkembang dan mendapatkan personal branding yang bagus nantinya.

Anda juga bisa membaca banyak peluang bisnis digital lainnya pada website Barangku.id karena saya sendiri juga belajar secara otodidak dari membaca artikel dan tutorial youtube sebelumnya. Meskipun saya juga mengikuti beberapa kelas atau workshop, tetapi kebanyakan ilmu yang saya dapatkan berawal dari membaca artikel dan tutorial youtube.

Penutup

Mudah-mudahan sedikit tips dan pengalaman yang saya bagikan ini bisa bermanfaat dan membantu anda dalam merintis usaha sampingan sambil kerja. Jangan lupa untuk selalu mengikuti blog ini karena saya akan membagikan berbagai informasi dan tips bermanfaat pada artikel selanjutnya.