Ads

Ide Franchise Untuk Kegiatan Usaha Bagi Pemula

Franchise adalah sebuah kegiatan usaha yang mendapatkan izin resmi berupa lisensi yang diberikan oleh pelaku bisnis utama kepada mitra yang ingin membuka cabang di berbagai wilayah dengan perjanjian tertentu. Kegiatan Franchise ini terbukti sangat efektif untuk mengembangkan bisnis dan bisa menguntungkan semua pihak yang terlibat. 

Franchise Murah

Keuntungan yang bisa anda dapatkan saat membeli lisensi atau mendapatkan kerjasama Franchise diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Kemudahan dalam proses perizinan.
  2. Kemudahan mendapatkan bahan baku atau stok barang di toko.
  3. Brand yang anda kelola sudah pasti dikenal banyak orang.
  4. Dengan brand awareness yang baik, maka anda akan lebih cepat mendapatkan pelanggan.
  5. Mendapatkan berbagai pelatihan dan sistem manajemen yang baik.
Saya sendiri pernah melakukan kerjasama franchise sebuah perusahaan jasa pengiriman atau ekspedisi dengan modal yang murah karena pada saat itu sedang ada promo. Dan keuntungan yang bisa dapatkan adalah 30% dari semua transaksi yang berhasil dilakukan.

Tentunya keuntungan seperti itu sangat berarti bagi pebisnis pemula yang ingin membuka usaha dengan kerjasama Franchise tanpa harus ribet merintis usaha sendiri dan membutuhkan modal yang cukup besar untuk branding perusahaan hingga proses mendapatkan pelanggan yang cukup sulit jika dilakukan oleh pemula.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi Franchise untuk kegiatan usaha yang bisa anda manfaatkan sebagai bahan pertimbangan.

Franchise Jasa Pengiriman/Ekspedisi

Franchise jenis ini memiliki potensi yang cukup besar dan termasuk kedalam usaha franchise non makanan yang menjadi pilihan favorit bagi banyak orang. Pasalnya berkat kemajuan teknologi digital yang membuat trend belanja online semakin meningkat, jasa pengiriman barang semakin dibutuhkan di berbagai daerah di Indonesia.

Saat ini sudah banyak perusahaan jasa pengiriman yang sudah bekerjasama dengan perusahaan E-commerce yang membuat transaksi semakin meningkat setiap harinya. 

Franchise Minimarket

Meskipun membutuhkan modal yang cukup besar dan harus menyiapkan lahan dengan ukuran yang cocok untuk sebuah minimarket. Anda bisa mendapatkan pelanggan yang banyak dengan waktu yang singkat berkat produk maupun jasa yang ditawarkan beraneka ragam dan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan toko biasa.

Selain itu keinginan masyarakat untuk mendapatkan kenyamanan saat berbelanja juga menjadi faktor kenapa minimarket modern lebih banyak diminati dari waktu ke waktu.

Franchise Makanan dan Minuman

Franchise makanan dan minuman juga menjadi pilihan favorit bagi pebisnis pemula. Selain bisa mendapatkan branding yang bagus untuk kegiatan usaha, untuk mendapatkan pelanggan baru juga terbilang sangat mudah, apalagi jika anda membuka layanan pemesanan makanan dan minuman secara online seperti menggunakan GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood.

Salah satu brand yang saat ini sedang trend adalah franchise mixue yang hanya membutuhkan waktu beberapa tahun saja tetapi penyebarannya sudah menjangkau ke berbagai kota di seluruh Indonesia dan mudah ditemukan dimana saja. Sehingga anda bisa menjadikannya sebagai inspirasi untuk memilih salah satu jenis franchise makanan dan minuman seperti ini.

Franchise Laundry

Franchise Laundry menjadi pilihan favorit di bidang jasa setelah jasa pengiriman atau ekspedisi. Hal ini dikarenakan meningkatnya kebutuhan cuci kilat dan banyaknya orang yang malas mencuci dan nyetrika di berbagai Kota Besar di Indonesia.

Untuk mendapatkan pelanggan dengan cepat anda bisa melakukan promosi online, dan memilih lokasi yang strategis seperti lingkungan sekolah, kampus, dan kawasan perumahan yang padat penduduk.

Penutup

Mudah-mudahan informasi yang saya sampaikan pada artikel kali ini bermanfaat dan menambah inspirasi bagi anda yang ingin membuka bisnis franchise. Sehingga dengan beberapa pilihan yang saya rangkum diatas anda bisa mendapatkan gambaran yang jelas. Jangan lupa juga untuk selalu mengikuti blog ini karena saya akan memberikan berbagi artikel menarik dan bermanfaat pada artikel selanjutnya.