Ads

10 Adab Murid Terhadap Guru Yang Wajib Anda Ketahui

Adab adalah norma atau aturan mengenai sopan santun yang didasarkan pada aturan agama. Adab sangat penting dimiliki setiap orang dan wajib dilaksanakan dalam pergaulan sehari-hari. Seseorang yang hanya memiliki ilmu tanpa adab akan bertindak sesuka hati dan selalu merasa paling tinggi, mereka juga tidak mau mengakui dan menghormati gurunya.

Bagi siswa atau pelajar di sekolah, adab merupakan bekal penting dalam menuntut ilmu. Dengan membawa adab yang benar, maka murid akan tahu bagaimana menghargai seorang guru dan memiliki kerendahan hati dalam menimba ilmu.

Adab Murid Terhadap Guru

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas adab murid terhadap guru di sekolah yang wajib dilakukan. Apa saja bentuknya? Silakan simak berikut ini.

Adab Murid Terhadap Guru


1. Mengucapkan Salam kepada Guru

Pertama, siswa hendaknya membiasakan diri mengucapkan salam kepada guru dalam berbagai macam kondisi, misalnya ketika bertemu guru, guru masuk kelas, ingin memasuki ruangan guru, dan sebagainya.

2. Tidak Mendahului Guru saat Berjalan

Yang kedua, murid harus punya adab dalam tingkah laku di sekolah, seperti halnya tidak mendahului guru ketika berjalan. Perilaku seperti ini merupakan bentuk kesopanan dan penghormatan terhadap orang yang lebih tua dan ilmunya lebih tinggi dari kita.

3. Tidak Memotong Pembicaraan ketika Guru Masih Berbicara

Adab murid terhadap guru selanjutnya adalah tidak memotong pembicaraan ketika guru sedang bercakap-cakap. Sikap yang benar adalah murid harus diam dan menunggu sampai guru selesai berbicara, baru kemudian boleh bertanya atau mengatakan sesuatu kepada guru.

4. Berdiri ketika Guru Lewat di depan Kita

Selanjutnya, bila ada guru sedang lewat atau berdiri di hadapan kita, maka adab yang benar adalah kita ikut berdiri untuk memberi hormat kepada guru. Meskipun terkesan sepele, namun perilaku ini menunjukkan penghormatan yang besar terhadap orang yang lebih tinggi ilmunya.

5. Mendengarkan Guru ketika Menyampaikan Materi Pelajaran

Saat berada di kelas, semua siswa diharapkan fokus dalam pembelajaran dan memperhatikan guru dengan baik. Adab seperti ini wajib dilaksanakan agar murid mudah dalam menerima materi pelajaran dan menjadi bentuk penghormatan atas kerja keras seorang guru.

6. Menggunakan Bahasa yang Sopan dan Halus

Ketika berbicara dengan guru, murid harus bisa memilih kosakata yang baik dan halus. Murid dilarang menggunakan kata-kata gaul, bahasa percakapan untuk teman sehari-hari, dan juga kata-kata yang sifatnya kotor.

7. Melaksanakan Perintah Guru

Guru merupakan orang tua kita di lingkungan sekolah, oleh sebab itu kita wajib patuh dan melaksanakan perintah dari guru. Ketika diberi tugas dan PR, maka hendaknya kita mengerjakan tugas dan PR tersebut dengan baik dan sesuai waktu yang telah ditentukan oleh guru.

8. Mengetuk Pintu dan Mengucapkan Salam ketika Hendak Masuk ke Kantor Guru

Adab murid terhadap guru selanjutnya adalah mengetuk pintu dan mengucapkan salam terlebih dahulu sebelum memasuki kantor guru. Jika guru telah memberi izin, maka barulah murid boleh masuk dengan tetap membawa adab kesopanan seperti melepas sepatu dan tidak bersuara keras.

9. Mengucapkan Terima Kasih ketika Guru Selesai Mengajar

Bila guru sudah selesai menyampaikan materi pelajaran, semua siswa di kelas hendaknya mengucapkan terima kasih sebagai bentuk penghormatan atas ilmu yang telah diberikan guru. Meskipun sederhana, sikap seperti ini harus dibiasakan karena dapat mendekatkan hubungan guru dengan siswa.

10. Meminta Izin jika Ingin Meninggalkan Kelas

Jika kita hendak meninggalkan kelas, maka murid harus meminta izin terlebih dahulu kepada guru yang sedang mengajar. Jika guru telah memberi izin, maka kita baru boleh meninggalkan kelas. Dan satu lagi, murid tidak boleh membuat-buat alasan palsu agar bisa meninggalkan kelas.


Penutup

Sekian pembahasan kali ini tentang adab murid terhadap guru di sekolah yang harus dilaksanakan. Dengan adab, seorang murid benar-benar tahu bagaimana menuntut ilmu dengan baik dan menghormati orang yang telah mengajarkan ilmu kepadanya.