Ads

Sukseskan Konsistensi B20 Indonesia untuk Lingkungan

Ada banyak turunan dari program KTT G20 yang tahun ini diadakan di Indonesia, salah satunya adalah B20 yang membawahi masalah kesejahteraan masyarakat dunia dan dampak perubahan iklim untuk lingkungan. 

Di bawah presidensi Indonesia, B20 akan membahas apa saja bentuk konkret yang sudah dilakukan oleh negara anggota dan apa yang menjadi rencana ke depan untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satu topik yang menjadi kebutuhan bersama adalah topik perubahan iklim dimana efeknya bisa dirasakan oleh semua masyarakat di dunia.

B20 Indonesia

B20 Indonesia akan mendorong berbagai program yang bisa dilakukan oleh masyarakat dunia baik secara individu maupun organisasi dan kooperasi untuk melakukan upaya pelestarian lingkungan sebagai antisipasi perubahan iklim yang sudah di depan mata. 

Indonesia juga memiliki kerja sama dengan negara-negara B20 dari Eropa sebagai wadah kegiatan sustainability yang disebut dengan Indonesia Sustainability. Dengan pengalaman masyarakat Eropa yang memiliki teknologi lebih maju, ditambah dengan kondisi lingkungan di Indonesia, diharapkan akan menghasilkan sebuah sistem hingga program yang menjaga konsistensi sustainability di tanah air.

Di tahun pertamanya ini, Indonesia Sustainability mengadakan sebuah penghargaan yang akan diberikan kepada kandidat baik individu, organisasi maupun kooperasi yang sudah memiliki program melaksanakannya untuk menjaga kelestarian lingkungan. Ada 3 fokus utama yang menjadi aspek penilaian saat ini yaitu:

  1. Menjaga ketersediaan air bersih untuk lingkungan.
  2. Upaya mengurangi penggunaan bahan plastik.
  3. Mendaur ulang sampah.

Award ini sudah mulai dilaksanakan dan puncaknya yaitu pemilihan pemenang akan di umumnya sebelum pembukaan KTT G20. Bagi Anda yang memiliki program dan sudah melakukan kerja nyata dari program tersebut bisa mendaftar melalui website resmi Indonesia Sustainability.

Salah satu point penting dalam sustainability yang diangkat dalam kongres B20 tahun ini adalah daur ulang. Reduce reuse recycle adalah program yang sudah mulai diperkenalkan dan digalakkan di tanah air. 

Mulai dari lapisan masyarakat paling bawah sudah mengenal istilah pilah sampah yang bisa juga menghasilkan materi untuk membantu perekonomian. Dengan konsep 3R, lingkungan menjadi lebih bersih dari sampah plastik yang dapat menunjang ketersediaan air bersih dan lingkungan yang lebih sehat.