Ads

Solusi Optimal Big Data untuk Menjalankan Bisnis Digital

Di era teknologi yang sudah semakin berkembang, semakin banyak bisnis digital yang mulai berkembang menjadi sebuah peluang baru dalam menciptakan dan menjalankan industri- industri yang berkembang. Berbagai industri bisnis sudah semakin berkembang dan menerapkan digital ke dalam operasional bisnisnya.

Banyak kemudahan dan benefit yang dapat diterima oleh pemilik bisnis digital. Berbagai kemudahan yang diberikan yaitu jangkauan yang lebih luas dan memberikan mereka peluang pasar baru yang lebih baik. Dengan memiliki fundamental dan modal yang baik dalam melakukan perkembangan bisnisnya.

Bisnis Digital

Bisnis digital merupakan bisnis yang mengalami digitalisasi dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam menciptakan sebuah produk dan memasarkannya. Bisnis digital biasanya tidak terbatas hanya menjual produk namun dapat menjual jasa di dalam bisnis mereka. 

Untuk melakukan operasional bisnis digital agar lebih mudah dalam menciptakan peluang baru, mereka dapat memaksimalkannya dengan menggunakan Big Data. Big Data menjadi hal utama dan penting belakangan ini karena dunia bergeser ke lingkungan yang lebih digital. 

Data adalah apa yang akan memandu upaya strategis dalam perusahaan karena membantu pemasar memahami target audiens mereka untuk membuat kampanye yang lebih sesuai dengan personalisasi konsumen dan audiens mereka. 

Big data merupakan kumpulan data yang besar, terstruktur dan tidak terstruktur, kompleks dan selalu diperbarui dan bertambah setiap waktu. Data dapat dihasilkan dari aktivitas internet audiens. Jika dulu data hanya berupa data-data pribadi, namun saat ini data sudah sungguh beragam dan akan memudahkan bisnis digital. 

Melalui Big Data, data yang dimiliki akan beragam, seperti sosial media, riwayat perbelanjaan hingga Search Engine menggunakan insight dan ketertarikan konsumen terhadap suatu topik.

Beberapa solusi optimal yang dapat dilakukan oleh pemilik bisnis digital dalam memanfaatkan Big Data untuk mengembangkan bisnisnya : 


1. Lakukan Personalisasi Pelanggan

Dengan memanfaatkan Big Data, pemilik bisnis dapat melakukan prediksi terhadap preferensi pelanggan lebih baik. Personalisasi mengenai produk yang diinginkan hingga bagaimana untuk menawarkan produk ini. 

Setelah memanfaatkan Big data, maka pemilik bisnis dapat melakukan pendekatan secara personal sesuai dengan kebutuhan dan perilaku pelanggan sehingga bisa meningkatkan peluang untuk penjualan produk. 

2. Tentukan Targeted Audience

Setelah memahami Big Data secara mendalam dari tim pengelola Big data, maka data yang ada dapat dikelola dan digunakan sebagai landasan untuk menyusun strategi dalam bisnis digital Anda. Big Data akan membantu dalam menjalin hubungan dengan audiens yang tepat dan bernilai. 

3. Lakukan Campaign sesuai dengan Audiens 

Big data memiliki salah satu fitur yaitu menargetkan apa saja kebutuhan pelanggan dan dapat membantu untuk menyusun strategi konten yang informatif dan dapat mengumpulkan pelanggan dengan memanfaatkan file cookie. Maka dengan informasi dari file cookie, Anda dapat menyusun strategi campaign yang sesuai dengan Audiens Anda. Rencana campaign yang baik dan terstruktur akan sangat membantu mendapatkan konsumen. 

4. Tingkatkan Customer experience 

Terdapat berbagai manfaat dari Big Data yang dapat anda gunakan, salah satunya adalah dapat membantu untuk meningkatkan Customer Experience saat menggunakan layanan website. Saat pelanggan Anda puas, maka dapat meningkatkan angka penjualan dan loyalitas konsumen. 

Big Data dapat mengubah layanan konsumen secara manual yang mungkin lebih lama untuk dibalas dan digunakan. Big data memiliki fitur software chatbot, sehingga memudahkan pemilik bisnis digital dalam mengetahui pelanggan. 


Big Data menjadi solusi optimal bagi para pemilik bisnis digital, berbagai manfaat diberikan mulai dari strategi marketing, pengambilan keputusan manajerial hingga penjualan. Begitu banyak bantuan dalam operasional perusahaan. 

Big Data memberikan insight baru dalam dunia bisnis dan menjadi kekuatan untuk menjalankan bisnis. Perusahaan bisnis digital Anda dapat menggunakan Big Data dari Telkom Indonesia yang memiliki keunggulan dan sudah banyak digunakan. Segera coba sekarang untuk memperoleh peluang baru di bisnis digital anda sekarang.