Ads

Paket Data Iphone Boros? Berikut Ini Adalah Penjelasannya

Memilih paket internet yang sesuai dengan kebutuhan dan memperhatikan kekuatan sinyal adalah hal wajib sebelum menentukan provider yang nantinya menjadi pilihan anda. Saya sendiri sudah beberapa kali mengganti kartu perdana hanya karena ingin mendapatkan kuota murah seiring kebutuhan akses internet yang semakin meningkat, apalagi bagi seorang blogger yang selalu membutuhkan jaringan internet yang bagus untuk penulisan artikel.

Saya sendiri hingga saat ini masih mengandalkan kuota internet untuk menjalankan berbagai aplikasi pada ponsel, dan mengaktifkan hotspot untuk laptop karena memang belum ada niat untuk memasang jaringan wifi dirumah.

paket internet

Beberapa waktu yang lalu saya membeli ponsel baru dan pilihan saya jatuh kepada Iphone karena tertarik dengan performa dan kameranya yang bagus untuk mengambil foto dalam kegiatan sehari-hari. Namun saya merasakan sedikit kejanggalan, karena penggunaan data semakin boros dan kelihatan tidak wajar. 

Pasalnya saat masih menggunakan ponsel Android, jenis paket data internet yang saya pilih sangat cukup untuk kebutuhan sehari-hari seperti menggunakan aplikasi media sosial, chatting, dan untuk hotspot ke laptop setiap harinya.

Apa Yang Menyebabkan Penggunaan Data Internet Pada Iphone Lebih Boros?

Sebelum saya membeli lagi paket internet murah seperti yang saya lakukan setiap bulannya, saya pun mencari tahu penyebab borosnya paket data internet semenjak berganti Hp dari yang sebelumnya Android menjadi Iphone. Caranya pun sangat mudah, anda cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Aktifkan Iphone yang saat ini anda gunakan.
  2. Pilih menu pengaturan.
  3. Pilih seluler.
  4. Kemudian scroll kebawah, dan anda akan melihat rincian penggunaan data internet dari setiap aplikasi yang anda gunakan.
Setelah mengecek dengan cara diatas, akhirnya saya mengetahui aplikasi mana yang membuat penggunaan data internet menjadi lebih boros, dan aplikasi tersebut adalah Instagram dengan total pengguaan saat ini mencapai 65 GB dan melebihi penggunaan hotspot untuk laptop yang sesekali melakukan update sistem namun hanya menghabiskan kuota internet 57 GB saja. Dan rinciannya adalah sebagai berikut.

paket data iphone boros

Setelah mencari informasi mengenai penggunaan data internet pada Instagram khususnya bagi pengguna Iphone, akhirnya saya mendapatkan jawaban kenapa paket data yang saya gunakan menjadi lebih boros. Hal ini dikarenakan untuk setiap upload foto maupun video, saya menggunakan settingan yang paling tinggi sehingga paket data menjadi lebih boros. Apalagi ukuran video yang diambil dengan Iphone ukurannya sangat besar hingga 400 MB untuk 1 menit video.

Cara Setting Aplikasi Instagram Untuk Menghemat Kuota Internet

Setelah mengetahui penyebab borosnya paket internet yang saya gunakan, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan resolusi yang paling kecil saat mengunggah konten menggunakan Instagram. Caranya sangat mudah, silahkan perhatian langkah-langkah berikut ini.
  1. Buka aplikasi Instagram pada Iphone anda.
  2. Klik menu profil pada bagian pojok kanan bawah.
  3. Klik tombol garis 3 pada bagian kanan atas.
  4. Pilih pengaturan.
  5. Pilih pengaturan.
  6. Pilih penggunaan data.
  7. Aktifkan pilihan "Gunakan Lebih Sedikit Data Selluler" dan Nonaktifkan pilihan "Unggah Dalam Kualitas Tinggi"
Cara diatas terbukti ampuh untuk mengurangi penggunaan data pada aplikasi Instagram yang digunakan pada Iphone. Dan kurang lebih tampilan pengaturannya seperti pada gambar berikut ini.

Cara Menghemat Kuota Instagram

Settingan diatas selain bisa digunakan pada Iphone juga bisa anda terapkan pada ponsel Android pada umumnya. Namun saya menyarankan menggunakan settingan ini pada pengguna Iphone karena kualitas kamera pada Iphone sangat bagus bahkan sudah memiliki kualitas 4K untuk pengambilan video, yang bisa menyebabkan ukuran file menjadi sangat besar.

Penutup

Mudah-mudahan informasi yang saya sampaikan berdasarkan pengalaman yang saya alami ini bermanfaat dan menambah wawasan baru bagi anda. Ikuti terus blog ini karena akan selalu memberikan informasi menarik dan tips bermanfaat pada artikel selanjutnya.