Ads

Apa itu Channel Marketing dan Jenisnya

Pada era digital saat ini channel marketing banyak sekali dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan maupun UMKM yang ingin mendistribusikan produk mereka kepada konsumen dengan memanfaatkan berbagai platform yang berbeda. Hal ini membuktikan bahwa dunia digital marketing sangat menjanjikan dan bagus untuk jangka panjang.

Apa itu Channel Marketing?

Channel marketing adalah sebuah sebuah ekosistem yang dijalankan oleh beberapa orang maupun organisasi yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk dengan memanfaatkan platform digital menggunakan berbagai konten kreatif yang bisa menarik perhatian para calon konsumen.

Tentunya untuk mendapatkan keberhasilan dalam penjualan dengan channel marketing ini supaya bisa lebih maksimal membutuhkan riset dan konsistensi supaya tujuan perusahaan bisa lebih cepat terwujud. Hal itu menjadi alasan kenapa banyak sekali orang yang terlibat dalam sebuah tim karena setiap orang yang bekerja memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

Manfaat Channel Marketing Dalam Menjalankan Bisnis

Dengan berbagai promosi gratis maupun berbayar yang memanfaatkan platform yang tersedia, tentunya peluang untuk mendapatkan konsumen yang ingin membeli suatu produk akan semakin tinggi. Hal ini dikarenakan kecanggihan teknologi yang bisa menyampaikan informasi dengan lebih cepat dan tertarget sesuai dengan kampanye iklan yang kita buat.

channel marketing

Sehingga brand akan semakin lebih cepat dikenal oleh banyak orang, dan kemungkinan untuk mendapatkan order dari hasil kampanye iklan bisa lebih cepat dan tergantung dengan inovasi dan kreatifitas dalam menjalankan promosi.

Channel marketing memiliki banyak manfaat seperti kemudahan mendapatkan data dan minat dari konsumen untuk kebutuhan riset, kemudahan dalam menjangkau audiens dengan cepat, dan masih banyak lagi.

Jenis Channel Marketing

Ada beberapa jenis channel marketing yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan promosi gratis maupun berbayar, diantaranya adalah sebagai berikut.

Website

Website adalah sebuah platform digital yang berisi berbagai konten seperti gambar, video, dan konten dalam bentuk tulisan atau artikel. Dan bagi anda yang tertarik dengan pembuatan website tentunya harus mempelajari beberapa hal seperti cara pembuatan konten yang baik dan benar, cara memaksimalkan isi artikel supaya SEO Friendly dan Human Friendly, pemilihan template yang baik, dan beberapa hal penting yang bisa anda pelajari sebelum membuat website marketing.

Hosting juga sangat berpengaruh dalam keberhasilan anda untuk menjangkau banyak konsumen melalui pembuatan website, hal itu dikarenakan semua data yang anda unggah ke website semuanya tersimpan pada hosting. Sehingga pemilihan hosting ini sangat penting untuk menjaga supaya file yang anda simpan tetap aman dan tidak akan mengalami masalah seperti tiba-tiba down dan tidak bisa diakses.

Hosting murah Niagahoster adalah salah satu rekomendasi bagi anda yang baru saja membuat website untuk membuat channel marketing. Bukan tanpa alasan kenapa saya menyarankan Niagahoster untuk pembelian hosting, selain harganya yang murah dan sering menawarkan promo menarik dan murah. Banyak sekali yang sudah berlanganan dengan Niagahoster dan mendapatkan berbagai kemudahan untuk pembuatan website.

Email Marketing

Email marketing adalah sebuah layanan yang bisa anda gunakan untuk menyebarkan promosi atau iklan kepada banyak orang. Bisa menggunakan cara manual atau memanfaatkan iklan berbayar. Anda juga bisa mengecek dimana iklan email berbayar ini bisa ditemukan dengan membuka email masuk bagian promosi dan tampilannya seperti gambar berikut ini.
Namun untuk email marketing ini biasanya dilakukan oleh perusahaan besar yang sudah memiliki audiens yang tertarget untuk memberikan penawaran.


Video Marketing

Konten video marketing saat ini sedang mengalami peningkatan yang signifikan seiring berkembangnya platform yang menampilkan konten dalam bentuk video seperti Youtube, Instagram, Maupun Tiktok yang saat ini banyak sekali digunakan oleh banyak orang.

Anda bisa membuat konten video untuk melakukan promosi, atau bisa juga bekerja sama dengan para influencer yang memiliki pengikut yang banyak supaya kampanye iklan anda lebih cepat menjangkau pengunjung yang melihat konten video tersebut.

Kesimpulan

Mudah-mudahan sedikit penjelasan mengenai pengertian channel marketing dan beberapa contoh jenis marketing pada artikel kali ini bermanfaat dan membantu anda dalam menemukan platform terbaik untuk belajar digital marketing. Selalu ikuti blog ini untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat pada artikel selanjutnya.