Ads

Intip Beberapa Peralatan Dapur yang harus Kamu Miliki untuk Rumah Pertama

Memiliki rumah yang sudah diimpi-impikan sejak lama adalah keinginan setiap orang. Hasil dari kerja keras dan menabung tentunya membuahkan hasil yang setimpal dengan kepuasan saat rumah tersebut selesai dibangun. Kita jadi memiliki ruang dan kebanggaan tersendiri setelah memilikinya, terlebih, kita dapat mengatur banyak hal di rumah baru sesuai dengan keinginan pribadi.

Namun, ada banyak hal yang harus dipersiapkan saat memiliki rumah baru. Bukan hanya tentang biaya listrik dan air, kamu juga harus memikirkan barang-barang yang harus dibeli. Beberapa di antaranya adalah kamu harus memperkirakan perabotan apa saja yang harus dibeli, seperti sofa, kasur, atau peralatan rumah.

Sumber: Susannah Townsend – canva.com

Peralatan dapur merupakan barang yang wajib ada di setiap rumah. Adanya peralatan dapur tentunya akan mempermudah kegiatan memasak, terutama saat kita ingin bereksperimen dengan menu baru yang ingin dicoba. Untuk itu, penting bagi kamu untuk memiliki peralatan dapur terutama untuk rumah pertama.

Kira-kira apa saja ya peralatan dapur yang harus dimiliki? Yuk, simak rangkuman kami di bawah ini.

 

1. Wajan Anti Lengket

Ada baiknya jika kita memilih peralatan masak yang anti lengket. Selain untuk memudahkan saat memasak, kita juga akan dimudahkan saat mencuci wajan tersebut. Wajan atau penggorengan anti lengket memiliki lapisan luar yang tidak akan membuat makanan menempel dan sulit dibersihkan. Singkatnya, memiliki wajan anti lengket tentunya akan membuat kegiatan memasakmu lebih cepat beres, deh!

Dengan sifat yang serbaguna, kamu bisa menggunakan wajan anti lengket untuk memasak sayuran, daging, atau menumis. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan wajan anti lengket untuk memasak berbagai menu seperti pancake, pasta, dan lain-lain. Namun, kamu juga harus berhati-hati karena kebanyakan wajan anti lengket memiliki lapisan luar yang sensitif sehingga tidak boleh tergores besi atau benda tajam. Jadi, berhati-hati ya saat menggunakannya!

2. Pisau

 

Sumber: Noah1974 – canva.com

Dapur merupakan tempat kita biasa melakukan kegiatan masak-memasak, dan berhubungan juga dengan peralatan dapur yang tajam, seperti pisau, pengupas kentang, dan lain-lain. Pisau terutama, digunakan memotong bahan-bahan yang keras sehingga tidak akan memakan waktu lama. Selain itu, benda tajam yang satu ini bisa menjadi barang serbaguna yang digunakan untuk memotong banyak hal seperti daging dan buah-buahan.

Ada baiknya jika kamu memiliki beberapa pisau dengan ukuran yang berbeda-beda. Hal ini bertujuan untuk memudahkanmu saat ingin memotong berbagai bahan. Kamu tentu tidak memerlukan pisau yang memiliki ukuran besar jika hanya memotong tomat atau bawang, melainkan bisa menggunakan pisau kecil. Selain itu, tetap berhati-hati saat menggunakan pisau agar jarimu tidak terluka, ya!

3. Oven Kompor

Jika kamu ingin memasak menggunakan oven tetapi mau tetap hemat listrik dan biaya oven, gunakanlah oven kompor. Oven ini memiliki fungsi yang sama dengan oven listrik, tetapi dengan harga yang lebih terjangkau dan tidak menggunakan listrik sama sekali. Selain itu, oven kompor juga cocok untuk kamu yang baru belajar memasak karena penggunaannya yang lebih mudah.

Lebih lanjut, dengan menggunakan oven kompor kamu bisa membuat berbagai macam masakan, lho! Kamu bisa berkreasi dengan berbagai hidangan roti dan kue sesuai dengan kreativitasmu. Menggunakan alat ini memang mudah, tetapi kamu perlu memperkirakan suhu yang harus diatur untuk makanan yang kamu buat. Tidak perlu khawatir, kamu bisa menemukan banyak resep roti dan kue di internet yang menggunakan oven kompor. Selamat mencoba!

4. Blender

Pasti kamu pernah kan merasa malas untuk sekedar menghaluskan bahan masakan dengan menggunakan ulekkan dapur? Blender adalah solusi yang tepat untuk mempermudah proses memasakmu. Memiliki pisau yang tajam, blender mampu menghaluskan makanan dalam waktu singkat. Kamu jadi tidak perlu repot-repot lagi menghaluskan bahan makanan secara manual.

Selain untuk menghaluskan makanan, kamu juga bisa memanfaatkan blender untuk membuat jus buah atau sayur. Dengan begitu, kamu jadi dapat mengatur pola hidup sehat dengan meminum jus setiap hari. Blender juga tersedia dalam berbagai ukuran, kamu bisa memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jadi, belilah blender untuk dapurmu, ya!

5. Talenan

Apakah kamu pernah menggores piring karena menjadikannya alas saat kamu ingin memotong sesuatu dengan pisau? Hal itu tentu menjengkelkan karena piring yang tadinya cantik menjadi sedikit cacat karena adanya goresan pisau. Bagaimana cara mengatasinya, ya?

Untuk mencegahnya, kamu bisa membeli talenan untuk memotong bahan masakan. Selain itu, talenan bisa membuat bahan masakan yang kamu potong menjadi lebih rapi, lho! Talenan juga memiliki beberapa jenis; ada talenan kayu hingga plastik. Pastikan pilih sesuai dengan kebutuhanmu, ya!

 

Memiliki rumah pertama memang membutuhkan banyak perabotan untuk menunjang aktivitasmu. Namun, kita perlu memilah mana alat-alat yang berguna atau tidak sehingga bisa bermanfaat untuk tahun-tahun selanjutnya. Itulah 5 peralatan dapur yang harus kamu miliki untuk rumah pertama. Semoga bermanfaat!