Ads

Hasil Tes Kamera Iphone XS Max

Ponsel iphone saat ini banyak sekali diminati dan menjadi ponsel idaman bagi anak muda hingga orang tua saat ini. Beberapa kelebihan yang ditawarkan dan ditunjang dengan performa yang baik dari semua bagian membuat ponsel ini semakin diburu oleh banyak orang. Apalagi saat ini banyak sekali yang menjual Iphone dengan harga murah melalui toko offline maupun marketplace dengan harga yang murah dengan kondisi bekas.

Saya sendiri memiliki pengalaman yang berbeda saat menggunakan Iphone untuk pertama kalinya, karena sebelumnya saya sering melakukan gonta-ganti ponsel dan lebih dominan menggunakan ponsel Android. Untuk menjawab rasa penasaran yang selama ini saya pendam, pada kesempatan kali ini saya ingin menunjukkan hasil tes kamera iphone yang saat ini saya gunakan yaitu Iphone XS Max yang menggunakan sistem kamera dengan 12 Megapixel  (kombinasi kamera wide angle dan telephoto).

test kamera iphone

Saat pertama kali saya menguji kualitas kamera Iphone yang berbdea-beda saat berada di Toko sebenarnya saya agak sedikit kurang puas karena hasil merekam video yang kurang bagus, dan saya menguji beberapa produk iphone sekaligus diantaranya adalah.
  1. Tes kamera Iphone XR.
  2. Tes kamera Iphone XS.
  3. Tes kamera Iphone 8 plus.
  4. Tes kamera Iphone XS Max.
Setelah saya melakukan pengujian kamera dengan melakukan perekaman video menggunakan beberapa varian produk Apple Iphone diatas, hasilnya sama saja dan kurang istimewa. Namun setelah saya pelajari, ada beberapa settingan yang harus anda ubah saat menggunakan Iphone supaya hasil kamera khususnya pada saat pengambilan video bisa menjadi bagus dan stabil.

Cara Setting Kamera Iphone Supaya Hasilnya Jernih Dan Stabil

Jika anda hanya menggunakan setelan kamera sesuai dengan pabrikan saja hasilnya kurang jernih dan kurang stabil, hal ini dikarenakan settingan kamera pada saat pengambilan video hanya menggunakan resolusi HD 720p pada 30 fps. Sehingga anda harus mengubah settingan kamera dengan cara berikut ini.
  1. Masuk ke menu pengaturan pada Iphone.
  2. Pilih kamera.
  3. Pilih rekam video.
  4. Gunakan resolusi yang paling tinggi yaitu 4K pada 60 fps.
  5. Kamera siap digunakan dengan kualitas terbaik.
Namun jika anda menggunakan resolusi yang paling tinggi tersebut, kekurangannya adalah bisa membuat penyimpanan memory pada Iphone anda akan semakin penuh, karena saat mengambil video dengan durasi 1 menit saja ukuran file bisa mencapai 400 MB.


Gambar diatas adalah tampilan dari pengaturan kamera video iphone dan detail estimasi ukuran file sesuai dengan resolusi yang anda pilih.

Hasil Tes Kamera Iphone Untuk Mengambil Foto

Untuk pengambilan foto saya tidak mengganti settingan apapun dan hanya menambahkan sedikit efek saja setelah melakukan pengambilan gambar. Dan hasilnya kurang lebih seperti pada gambar berikut ini.


Berdasarkan hasil foto diatas, tentunya sangat memuaskan untuk kamera 12 Megapixel dari Iphone XS Max yang saya gunakan ini. Selain lebih natural, warnanya pun juga sangat jelas dan jernih.

Hasil Tes Kamera Iphone Dengan Resolusi 4K pada 60 Fps Untuk Merekam Video

Hasilnya sangat memuaskan dan stabil seperti saat mengambil video menggunakan kamera profesional yang dilengkapi dengan gimbal. Anda bisa melihat hasilnya pada video yang sudah saya unggah dalam bentuk shorts video youtube berikut ini.


Berhubung saya mengunggah video tersebut ke channel youtube maka akan hasilnya kurang begitu bagus dan berbeda dengan unggahan video saya sebelumnya menggunakan akun Instagram. Namun hasilnya kurang lebih seperti video diatas dan terlihat sangat natural dan stabil.

Penutup

Iphone memiliki kualitas kamera yang bagus dan natural, sehingga cocok bagi anda yang suka dengan kegiatan fotografi maupun pengambilan video untuk keperluan update di media sosial atau platform lainnya. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda yang membaca artikel ini, jangan lupa untuk mengikuti blog ini karena akan memberikan informasi menarik pada postingan selanjutnya.