Ads

Cara Test Print Warna Epson Untuk Memastikan Printer Dalam Keadaan Baik

Printer warna EPSON saat ini semakin banyak diminati oleh mereka yang setiap harinya memanfaatkan printer untuk menyelesaikan pekerjaan seperti melakukan scanning, fotocopy, hingga mencetak dokumen berwarna maupun hitam putih.

Pada penyedia jasa percetakan tidak jarang juga kita melihat berbagai jenis printer EPSON dengan spesifikasi yang berbeda-beda, hal ini dikarenakan brand yang satu ini memang memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Harganya sangat terjangkau.
  2. Hasil sangat bagus dan nyata.
  3. Mudah dalam proses perawatan.
  4. Mudah mendapatkan suku cadang dan toner.
Saya sendiri juga menggunakan produk dari EPSON untuk mencetak berbagai macam dokumen yang berada pada tempat saya bekerja. Printer dengan merk L360, L310 adalah pilihan favorit dan bisa diandalkan untuk mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak tanpa adanya masalah yang berarti.

Test warna printer

Oke langsung saja, berikut ini adalah cara test print warna epson yang wajib anda lakukan untuk mengetahui apakah printer dalam keadaan baik, atau harus melakukan perbaikan sistem dengan melakukan head cleaning maupun INK flushing menggunakan bantuan PC.

Cara Test Warna Manual Printer Epson Menggunakan Tombol

Cara ini sangat mudah dilakukan dan tidak perlu bantuan PC maupun laptop untuk melakukan pengecekan warna printer.
  1. Masukkan kertas ke bagian printer.
  2. Pastikan printer dalam keadaan mati.
  3. Tekan tombol dan tahan tombol resume.
  4. Setelah itu tekan tombol power.
  5. Lepas tombol resume dan diikuti dengan melapaskan tombol power.
  6. Hasil akan langsung terlihat melalui hasil cetakan pada kertas.

Cara Test Warna Printer Epson Menggunakan Bantuan Komputer

  1. Pastikan printer sudah terhubung dengan komputer.
  2. Klik tombol windows.
  3. Pilih control panel.
  4. Pilih view device and printer pada menu Hardware and Sound.
  5. Klik kanan pada bagian printer Epson yang ingin anda tes warnanya, biasanya ditandai dengan tombol centang hijau.
  6. Pilih printing preferences.
  7. Pilih maintenance.
  8. Pilih nozzle check.
  9. Pilih print check pattern.
  10. Klik OK.
  11. Hasil akan ditampilkan melalui hasil cetak pada kertas.

Fungsi Melakukan Test Warna Pada Printer Epson

Melakukan test warna pada printer sangat berguna untuk melakukan monitoring dan memastikan printer dalam keadaan baik. Sehingga anda bisa melakukan hal ini sebelum melakukan cetak dokumen yang banyak dengan banyak warna.

Cara Merawat Printer Epson Supaya Tetap Dalam Keadaan Baik

Merawat printer supaya tetap berfungsi dengan baik adalah hal yang penting, dan berhubungan dengan hasil test warna seperti yang saya jelaskan diatas. Anda hanya tinggal melakukan head cleaning dan ink flushing saat mendapatkan hasil warna yang putus-putus pada hasil cetak yang didapatkan.

Merawat printer Epson memang sangat mudah karena produk ini memiliki kualitas yang baik dan sudah dipercaya oleh banyak orang. Sedikit tips tambahan jika anda ingin printer Epson yang anda miliki tidak cepat rusak, pastikan membeli toner atau tinta yang original dan menghindari toner palsu yang saat ini banyak beredar di pasaran dengan harga yang jauh lebih murah.

Penutup

Demikian tutorial dan test print warna pada printer epson yang bisa anda lakukan dengan mudah dengan bantuan PC atau hanya menggunakan tombol saja. Mudah-mudahan tips yang saya bagikan ini bermanfaat dan membantu anda untuk melakukan perawatan printer Epson.