Ads

Apakah Video Shorts Youtube Menambah Jam Tayang? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Pertanyaan mengenai Apakah video shorts menambah jam tayang saat ini semakin bertambah di kalangan youtuber pemula yang ingin menghasilkan uang dengan menjadi konten kreator di Youtube. Menurut pengalaman yang saya alami saat mengelola channel youtube, shorts video bisa saja menambah jam tayang namun hanya sedikit dan harus memenuhi persyaratan seperti yang akan saya jelaskan pada artikel kali ini.

Apa itu shorts video? shorts video adalah fitur terbaru dari youtube untuk memenuhi keinginan para pengguna untuk mendapatkan tontonan menarik dari dari sebuah video singkat dengan durasi rata-rata dibawah satu menit dan dalam bentuk vertikal menyesuaikan bentuk layar ponsel pada umumnya.

apakah shorts menambah jam tayang

Video singkat vertikal ini sebelumnya sudah sangat populer karena digunakan juga oleh TikTok, Reels Instagram, dan beberapa platform lain yang sejenis. Tentunya dengan hadirnya fitur shorts video di Youtube ini bisa menguntungkan konten kreator yang sudah lama membuat channel dan Youtuber pemula yang baru saja membangun channel karena akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti berikut ini.
  1. Shorts video Youtube bisa mendapatkan penayangan atau view dengan cepat.
  2. Shorts video Youtube bisa menjangkau penonton lebih cepat.
  3. Shorts video Youtube bisa menghasilkan uang tanpa harus melakukan monetisasi.
  4. Shorts video Youtube bisa menambah jumlah subscriber dengan cepat.
  5. Membuat Shorts video Youtube lebih mudah jika dibandingkan membuat video panjang yang membutuhkan skill editing yang bagus.
Diantara beberapa keuntungan diatas, banyak sekali yang beralih menjadi kreator shorts video supaya bisa lebih cepat dalam membangun channel. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika anda ingin menghasilkan uang dari Youtube dengan memanfaatkan fitur shorts video ini.

Apakah YouTube shorts bisa monetisasi?

Tentu saja bisa, namun anda wajib menggunakan video yang original buatan sendiri supaya terhindar dari hak cipta atau copyrights. Selain itu anda juga harus membuat konten video biasa dan bukan shorts video, yaitu sebuah video dengan tampilan horizontal dan dengan durasi diatas 1 menit supaya bisa lebih cepat mendapatkan 4000 jam tayang.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube Tanpa Monetisasi?

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh pihak Youtube untuk para kreator shorts video ini adalah bisa mendapatkan penghasilan tanpa harus melakukan monetisasi iklan. Hal ini dikarenakan adanya program youtube yang memberikan bonus berupa uang jika penayangan video shorts anda sudah mencapai jutaan. 

Namun perlu diperhatikan bahwa untuk mendapatkan bonus komisi dari shorts video ini anda harus membuat video yang original atau buatan sendiri. Jika tidak, maka anda tidak akan mendapatkan bonus komisi tersebut setiap bulannya.

Jadi hal yang harus anda penuhi untuk mendapatkan gaji dari bonus shorts video youtube ini adalah dengan mebuat video original dan mendapatkan penayangan yang banyak, selain itu anda tidak perlu memenuhi persyaratan 4000 jam tayang maupun 1000 subscriber untuk mendapatkan komisi ini, sehingga peluangnya masih sangat besar.

Kenapa Jumlah Jam Tayang YouTube Tidak Bertambah?

Salah satu penyebab tidak bertambah adalah konten dari shorts video yang hanya bisa menambah jam tayang sedikit dan berasal dari sumber pencarian organik. Sehingga jika video shorts anda mendapatkan penayangan dari beberapa sumber seperti feed shorts maka jam tayang tidak akan dihitung, untuk rinciannya anda bisa melihat video saya berikut ini.


Meskipun anda membuat video shorts youtube dan jam tayang berdasarkan aplikasi dashboard studio youtube, belum tentu jam tayang tersebut masuk kedalam perhitungan persyaratan untuk mendapatkan 4000 jam tayang yang menjadi persyaratan monetisasi dengan google adsense. 

Sehingga jika anda ingin mendapatkan 4000 jam tayang, maka harus membuat video biasa dengan durasi diatas 1 menit dan bukan shorts video.