Ads

5 Cara Memindahkan Lagu dari HP ke Laptop Dengan Mudah dan Cepat

Meskipun saat ini banyak sekali aplikasi yang membuat streaming musik secara online seperti joox, spotify, youtube musik, dan beberapa aplikasi lainnya. Tidak jarang yang masih menyimpan koleksi musik secara offline melalui media penyimpanan internal dari ponsel maupun laptop yang dimiliki. 

Hal ini terjadi karena beberapa faktor diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Lebih menghemat kuota internet karena bisa menjalankan musik secara offline.
  2. Bisa mendengarkan musik kapan saja dan dimana saja.
  3. Pengguna ponsel android yang masih mendukung penyimpanan playlist musik secara offline.
  4. Ingin mendengarkan musik dengan praktis dan mudah tanpa kuota internet.
Dari beberapa perilaku diatas bisa membuat pemilik ponsel membutuhkan penyimpanan yang lebih besar supaya bisa melakukan backup dari file musik kesayangannya supaya masih bisa didengarkan melalui perangkat lain seperti laptop dan PC. Sehingga mereka tidak khawatir lagi jika memory ponsel bisa tiba-tiba penuh karena besarnya file lain seperti foto dan video yang memiliki ukuran besar.

cara memindahkan lagu hp ke laptop

Pada artikel kali ini saya akan membagikan tips mudah tentang bagaimana cara memindahkan lagu hp ke laptop yang mudah dan cepat, sehingga anda bisa melakukannya secara langsung untuk menyimpan lagu favorit anda di penyimpanan yang lebih besar yaitu laptop.

1. Cara Memindahkan Lagu dari HP ke Flashdisk Melalui Laptop

Cara ini dilakukan untuk menyimpan musik favorit menggunakan flashdisk yang biasanya memiliki ruang penyimpanan yang besar dan bisa digunanakan untuk memutar musik melalui beberapa media seperti speaker musik box, laptop, PC, atau DVD player yang memiliki colokan flashdisk.

Sehingga untuk memindahkan file musik dari HP ke flashdisk harus menggunakan PC atau laptop terlebih dahulu dan anda juga harus menyiapkan peralatan tambahan yaitu kabel data. Berikut ini adalah cara memindahkan lagu dari hp ke flashdisk melalui laptop dengan mudah.
  1. Hubungkan ponsel dengan laptop melalui kabel data.
  2. Hubungkan flashdisk ke laptop melalui space USB yang masih kosong.
  3. Buka folder musik yang berada di ponsel anda melalui laptop.
  4. Copy musik pilihan anda jika anda hanya ingin menyalin fiile, dan paste pada folder didalam flashdisk sesuai dengan keinginan anda.
  5. Cut dan paste musik pilihan anda jika ingin memindahkan musik dan menghapus file musik tersebut di dalam memory ponsel untuk mengosongkan ruangan penyimpanan ponsel.
Cara diatas tentunya sangat mudah, namun usahakan flashdisk dan kabel data yang anda gunakan dalam keadaan baik supaya tidak terjadi permasalahan saat pemindahan file musik.

2. Cara Memindahkan Lagu dari HP ke Laptop dengan Bluetooth

Cara ini cukup mudah karena hampir semua ponsel dan laptop sudah pasti dilengkapi fitur bluetooth. Namun cara ini sebaiknya digunakan untuk memindahkan lagu yang sedikit karena untuk pengiriman bluetooth membutuhkan waktu yang cukup lama dan lebih lambat daripada menggunakan kabel data secara langsung.


Gambar diatas adalah contoh fitur bluetooth yang ada pada laptop saya, dan anda juga bisa mencarinya melalui fitur pencarian di laptop yang anda gunakan saat ini. Berikut ini adalah cara mudah memindahkan lagu dari hp ke laptop dengan bluetooth.
  1. Nyalakan fitur bluetooth di laptop.
  2. Pilih dan tandai file musik yang ingin anda pindahkan ke laptop.
  3. Pilih kirim dengan bluetooth.
  4. Kemudian ponsel akan melakukan scanning untuk menemukan nama bluetooth yang berada di laptop.
  5. Jika sudah terlihat silahkan klik nama bluetooth yang sesuai dengan laptop dan file akan otomatis terkirim.

3. Cara Memindahkan Lagu dari HP ke Laptop dengan Kabel Data

Berbeda dengan memindahkan file lagu ke flashdisk menggunakan laptop seperti diatas, cara ini lebih cepat karena hanya memindahkan lagu ke laptop dengan kabel data saja dan biasanya memiliki tujuan untuk bisa mendengarkan musik melalui laptop karena memiliki kualitas speaker yang lebih bagus daripada ponsel dan bisa juga digunakan sambil bekerja.

Berikut ini adalah cara memindahkan lagu dari HP ke Laptop dengan kabel data secara mudah dan cepat.
  1. Hubungkan ponsel dengan laptop menggunakan kabel data.
  2. Izinkan akses pemindahan file pada ponsel anda.
  3. Pilih file musik pada folder ponsel menggunakan laptop.
  4. Salin file musik yang ingin anda pindahkan ke laptop dan paste di folder yang anda inginkan.
Cara ini masih terbilang cukup mudah, namun seperti yang saya jelaskan diatas. Jika anda ingin memindahkan file menggunakan kabel data usahakan dalam kondisi baik supaya bisa melakukan pemindahan file dengan lancar dan tanpa hambatan.

4. Cara Memindahkan Lagu dari HP ke Laptop Tanpa Kabel Data

Cara memindahkan file lagu dari hp ke laptop tanpa kabel data bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya dengan menggunakan fitur whatsapp web, mengirim file melalui email, memindahkan file musik dari ponsel menggunakan google drive, dan masih banyak lagi. Namun cara ini wajib menggunakan koneksi internet dan membutuhkan kuota data yang lebih besar karena mayoritas file musik pasti berukuran besar.

5. Cara Memindahkan Lagu dari HP ke Laptop Tanpa Kabel Data dan Koneksi Internet

Masih membahas pemindahan file lagu dari hp ke laptop, namun cara ini tidak membutuhkan kabel data maupun internet dan hanya memanfaatkan fitur dari USB atau flashdisk yang memiliki fitur OTG atau singkatan dari USB On-The-Go. Bagi anda yang belum pernah melihat bentuknya seperti apa, silahkan perhatikan pada gambar berikut ini.

Jika anda memperhatikan bentuk OTG diatas sekilas memang seperti flashdisk biasa namun lebih dari itu, ada sedikit tambahan yaitu sebuah port yang bisa anda masukkan ke ponsel android anda. Sehingga anda bisa langsung memindahkan file dari ponsel melalui USB OTG tersebut dan memindahkannya ke laptop.

Penutup

Beberapa cara yang saya jelaskan diatas mungkin bisa membantu anda dalam memindahkan file lagu yang ingin dimasukkan ke media penyimpanan yang lebih besar yaitu laptop, sebenarnya masih banyak cara lain seperti menggunakan card reader dan beberapa cara yang sering digunakan. Maka dari itu jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya pada blog ini karena saya akan membagikan tips dan cara lainnya pada artikel selanjutnya.