Ads

Mengenal Pencak Silat Pagar Nusa

Pencak silat adalah salah satu cabang olahraga bela diri yang berasal dari Indonesia. Maka tidak heran jika berbagai organisasi pencak silat saat banyak berkembang bukan hanya di Nusantara tetapi hingga ke seluruh Dunia, saya sendiri pernah belajar sedikit dengan perguruan pencak silat Pagar Nusa yang dan bukan hanya belajar seni beladiri yang melatih fisik dan mental saja, saya juga bisa mempelajari banyak hal termasuk arti lambang pagar nusa yang memiliki makna dan tujuan yang besar.


Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan lambang pagar nusa yang digambarkan dengan beberapa elemen seperti berikut ini.
  1. Kurva segilima Kurva.
  2. Tiga garis tepi warna putih.
  3. Sembilan bintang emas.
  4. Pita bertuliskan LA GOLIBA ILABILAH.
  5. Tulisan pencak silat nahdlatul ulama.
  6. Bola dunia.
Namun disini saya tidak akan menjelaskan satu persatu makna dari beberapa elemen yang terkandung dalam logo Pencak Silat Pagar Nusa tersebut, namun jika anda ingin membaca lebih detail silahkan baca artikel berikut ini.


Mungkin disini saya hanya akan berbagi sedikit pengalaman saja pada saat saya pertama kali mengenal pencak silat Pagar Nusa. Yaitu berawal pada saat saya masih bersekolah di bangku SMA yang mengajak untuk bergabung dan belajar seni beladiri.

Pada saat pertama kali saya mendaftarkan diri kepada guru besar yang mengajarkan ilmu bela diri ini saya langsung mendapatkan banyak hal seperti pengenalan sejarah, beberapa aliran yang berada dibawah naungan Pagar Nusa, dan membimbing saya untuk membulatkan niat bahwa berlatih silat ini bukan untuk bertarung dengan siapa pun namun hanya sekedar ilmu beladiri dan wajib untuk menjalankan ajaran-ajaran islam sepert memperdalam rukun iman dan rukun islam.

Memang tidak heran karena pencak silat Pagar Nusa saat ini banyak diajarkan di pesantren-pesantren Nahdatul Ulama di seluruh Indonesia. Bahkan yang membuat saya kagum dari sekian banyak aliran pencak silat dibawah naungan Nahdatul Ulama ini sangat kompak dan dan menjunjung tinggi persaudaraan dan rasa solidaritas.

Bukan tanpa alasan karena pada saat itu saya sering melakukan silaturahmi dengan berbagai aliran pencak silat yang lain di beberapa kecamatan yang berbeda seperti pada saat pengajian saya pernah bertemu aliran pecak silat Pagar Nusa Gasmi yang seketika membuat saya kagum karena para pesilatnya sudah dilatih ilmu fisik yang kuat. Hal itu ditunjukkan dengan beberapa penampilan menarik yang membuat saya semakin bangga.

Setiap aliran pencak silat pastinya memiliki keistimewaan dan ciri khas tersendiri, namun yang perlu dipahami bahwa kami semua memiliki visi, misi, dan tujuan yang sama sesuai dengan apa yang terkandung dalam arti lambang pagar nusa diatas.

Bahkan kami berkesempatan untuk berlatih dan dilantik menjadi Banser, tentunya ini kebanggan tersendiri karena Banser adalah salah satu organisasi milisi Islam terbesar yang berafiliasi dengan Nahdatul Ulama dan sudah mencatatkan sejarah di Negeri ini.

Salah satu pengalaman yang mungkin tidak bisa saya lupakan adalah pada saat mengamankan pengajian yang diisi Ulama Besar di Kota Surakarta beberapa tahun yang lalu. Tangis haru sudah tidak bisa terbendung lagi karena suatu kebanggaan bisa terlibat dalam pengamanan acara besar tersebut.

Penutup

Mungkin itu saja sedikit pengalaman yang bisa saya ceritakan mengenai pencak silat Pagar Nusa, jika ada kurang dan lebih maupun kesalahan dalam penulisan artikel. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, dan jangan lupa juga untuk membaca artikel saya selanjutnya.