Ads

Cara Mencegah Ruam Popok Pada Bayi

Ruam pada popok bayi memang bisa saja terjadi karena berbagai hal. Maka dari itu para orang tua wajib untuk melakukan antisipasi dan mempelajari cara merawat bayi dengan baik. Hal ini supaya hal yang tidak diinginkan seperti ruam pada popok bayi bisa terjadi. Karena jika anda sebagai orang tua lalai maka yang akan terjadi bayi bisa menjadi rewel dan susah tidur.

Cara Mengatasi Ruam Popok

Bagi anda yang tidak ingin hal diatas terjadi, anda bisa mempelajari Cara mengatasi ruam popok yang akan saya bahas pada artikel kali ini. Karena sebagai orang tua pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk bayi mereka.

Penyebab Ruam Popok Pada Bayi

Sebelumnya anda harus mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri ruam popok pada bayi, yaitu bintik kemerahan, iritasi, dan kulit bayi yang agak kasar. Jika anda menemukan gejala seperti itu sudah dipastikan bayi mengalami ruam popok yang harus segera mendapatkan penanganan khusus supaya cepat sembuh.

Penyeyab utama ruam pada popok bayi adalah gesekan antara kulit dengan popok bayi yang sudah penuh sehingga sudah tidak steril lagi. Selain itu juga bisa disebabkan karena alergi maupun pengaruh jenis makanan baru.

Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Saat ini para orang tua lebih memilih menggunakan popok bayi instant daripada menggunakan popok bayi biasa seperti yang digunakan pada beberapa tahun yang lalu. Selain lebih praktis dan bersih, cara penggunaannya pun sangat mudah dan anda tidak perlu capek untuk mencucinya setelah digunakan. Karena memang popok jenis ini didesain untuk sekali pakai.

Namun masih banyak yang tidak menyesuaikan penggunaan popok ini dengan kebutuhan dari bayi itu sendiri. Karena masih banyak yang hanya memperhatikan berapa jam popok tersebut bisa bertahan pada bayi.

Padahal intensitas buang air kecil pada bayi bisa saja berbeda-beda, sehingga anda harus melakukan pengecekan secara berkala apakah popok tersebut sudah penuh atau belum. Sehingga anda harus segera mengganti popok tersebut jika sudah penuh meskipun popok tersebut bisa bertahan 8 jam atau lebih.

Salain pengecekan secara berkala, anda harus selalu memberikan ASI eksklusif supaya daya tahan tubuh bayi semakin kebal. Karena menurut konsultasi saya kepada bidan, ASI memang sangat penting untuk imun bayi, sehingga bisa lebih kebal terhadap serangan penyakit.

Penutup

Mudah-mudahan tips tentang Cara mengatasi ruam popok ini bermanfaat, karena memang saya menceritakan hal ini berdasarkan pengalaman pribadi. Jangan lupa juga untuk membaca artikel penting lainnya pada website ini.