Ads

Ingin Wujudkan Rumah Impian? Yuk Kenalan dengan Semen Mortar

Pada dunia konstruksi modern, semen mortar berkualitas telah menjadi salah satu komponen penting yang akan menentukan kesuksesan serta kecepatan dari pelaksanaan konstruksi. Tapi apa itu mortar berkualitas? Lalu Apa arti dari mortar itu sendiri? Apakah mortar termasuk sama dengan beton atau semen? Semua itu dapat anda ketahui dibawah ini,

Sejarah Mengenai Semen Mortar

Semen sendiri berasal dari bahasa yunani, caementum. Semen juga sudah ada sejak lama, yaitu dari zaman Romawi pada pertengahan tahun 1110 M sampai dengan tahun 1500 M.

Semen pada zaman dahulu juga sangatlah sederhana dan terbuat dari bahan campuran telur atau ketan, biasa digunakan sebagai pembangunan candi atau lebih hebatnya lagi saat membangun tembok besar cina.

Lalu pada abad 18, ilmuwan inggris menemukan satu ramuan kuno yang kemudian diolah kembali menjadi perekat yang berupa campuran dari batu kapur serta tanah liat.

Dari ramuan kuno tersebut, maka terciptalah semen acian berkualitas yang biasa digunakan sampai saat ini, yaitu perpaduan dari batu kapur, laly tanah lempung yang mengandung silika sejenis, serta aluminium oksida yang bercampur dengan oksida besi.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Plester Dinding untuk Bangunan


Mengenal Perbedaan Mortar, Semen dan Beton

Semen, mortar serta beton sendiri termasuk tiga hal berbeda, apalagi jika dilihat dari bahan dasarnya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), semen merupakan sebuah adukan kapur dan sebagainya agar dapat merekatkan batu bata. Sementara menurut KBBI, mortar merupakan sebuah campuran semen, pasir, dan juga kapur mati agar dapat menempelkan batu bata. 

Sedangkan Beton, sekilas memang cukup mirip dengan mortar tapi komposisinya diketahui lebih kompleks, yaitu terdiri dari  pasir, kerikil juga agregat lain seperti air, semen dan terkadang juga bahan tambahan atau aditif yang memiliki perbandingan tertentu dan menjadi menjadi satu kesatuan yang homogen. 

Ciri Mortar yang Berkualitas

Semen mortar berkualitas jelas bukan adukan yang biasa. Mortar berkualitas sendiri mempunyai karakteristiknya sendiri. Pertama, mortar berkualitas memiliki konsistensi campuran yang selalu terjaga sehingga dapat menghasilkan workability yang tinggi. Kedua, dikarenakan memiliki workability tinggi, mortar berkualitas juga bisa mempermudah atau mempercepat pelaksanaan konstruksi. Selain itu mortar berkualitas juga dapat meningkatkan kualitas dari hasil pekerjaan, membuat konstruksi lebih rapi, kuat serta tahan lama. Untuk mendapatkan semen mortar yang berkualitas, kunjungi laman resmi website Mortar Indonesia.