Ads

Tips Liburan Hemat di Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta, yang biasanya kita sebut dengan Jogja adalah daerah yang sangat populer bagi mereka yang suka liburan khususnya di Pulau Jawa. Hal itu dikarenakan banyaknya destinasi wisata yang bisa anda kunjungi mulai dari wisata religi, wisata budaya, dan wisata alam. Dalam sejarah terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, Yogyakarta berperan penting dalam menjaga kedaulatan negara. Karena sempat dijadikan Ibukota sementara menggantikan Jakarta. Hal ini dikarenakan bentang alamnya yang masih alami dan daerah yang terletak diantara pegunungan, hutan, dan laut di sisi selatan yang bisa mempersulit penjajah untuk menaklukkan Yogyakarta. Maka dari itu tidak heran jika masih banyak bangunan atau infrastruktur yang masih terjaga untuk mengenang fakta sejarah tersebut, misalnya seperti bangunan villa di Jogja, gedung pemerintahan, tempat ibadah, dan beberapa bangunan yang tidak mengalami perubahan, sehingga masih menyimpan nuansa klasik tempo dulu dan semakin menambah daya tarik wisatawan.


Mungkin Bali menjadi tujuan wisata favorit di luar Pulau Jawa, akan tetapi Jogja masih menjadi yang paling Populer, khususnya tujuan wisata dan liburan di Pulau Jawa. Anda bisa mengunjungi pantai yang Indah, pusat perbelanjaan dengan harga yang murah, hingga mengunjungi situs sejarah seperti Candi Borobudur yang letaknya tidak jauh dari Jogja, dan sempat menjadi bangunan yang masuk ke 7 keajaiban dunia. Maka tidak heran jika anda sering menemui wisatawan dari berbagai negara. Untuk menemukan hotel di Jogja tidaklah sulit, karena sebagai kota wisata, sudah banyak dibangun Hotel, mulai dari hotel yang biasa saja, hingga hotel berbintang bisa dengan mudah anda temukan saat berlibur dan ingin menghabiskan waktu beberapa hari di Jogja.

Pada musim liburan tiba, wisatawan yang berkunjung ke Jogja selalu mengalami peningkatan yang signifikan. Oleh sebab itu anda harus melakukan booking penginapan dan hotel murah supaya tidak kehabisan kamar. Pada era digital saat ini, kita tidak perlu ribet dalam melakukan booking hotel. Cukup melakukan pemesanan menggunakan ponsel saja, anda sudah bisa melihat Harga, dan detail kamar Hotel dengan lengkap. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa platform atau aplikasi sewa villa murah yang bisa anda manfaatkan saat berlibur dan ingin mendapatkan penginapan yang terbaik untuk anda dan keluarga.

Di kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit tips yang mungkin bisa membantu anda untuk menghemat biaya saat liburan di Jogja. Dalam perjalanan menggunakan kendaraan umum dan mencari penginapan yang sesuai, saya selalu menyiapkan aplikasi booking tiket ternama, yaitu tiket.com Anda bisa menggunakannya dengan mengunduh aplikasinya di playstore dan app store jika anda menggunakan Iphone. Kenapa saya menggunakan aplikasi ini? lalu keuntungannya apa saja, silahkan membaca penjelasan untuk lebih detailnya pada berikut ini. 

Mendapatkan Promo Diskon Saat Liburan

Dengan menggunakan aplikasi Tiket.com kita akan selalu menerima promo diskon dan penawaran-penawaran menarik untuk semua layanan. Sehingga bisa membuat anda lebih menghemat biaya dan mengalokasikannya untuk keperluan lain.

Memesan Tiket Jauh Sebelum Keberangkatan

Saat musim liburan tiba, kita akan bersaing dengan ribuan pengguna lainnya untuk mendapatkan tiket termurah. Maka dari itu kita harus memesan tiket jauh sebelum hari keberangkatan. Misalnya seperti saya yang saat ini tinggal di Bandung, jika saya memesan tiket kereta ekonomi dengan tujuan Jogja yang dijual dengan harga sekitar 80 ribuan pasti tiket akan cepat habis karena harganya yang terlalu murah. 

Itulah alasan kenapa saya mengajurkan memesan tiket di hari yang jauh sebelum keberangkatan, karena jika anda kehabisan tiket ekonomi. Yang tersisa hanyalah tiket kereta kelas eksekutif dan bisnis yang harganya jauh lebih mahal.

Biasakan Memesan Tiket Pulang dan Pergi Secara Langsung

Karena tujuannya adalah berlibur, dan hari sudah ditentukan. Maka anda juga harus memesan tiket perjalanan pulang dan pergi secara langsung. Hal ini untuk antisipasi jika saat memesan tiket pulang nanti akan kehabisan tiket yang murah, apalagi saat selesai liburan dompet sudah menipis. Ditambah lagi harus membeli tiket kereta yang mahal.

Pilihlah Hotel yang Dekat dengan Akses Kendaraan Umum

Jika anda tidak menyewa mobil saat perjalanan berlibur, cara ini bisa anda lakukan supaya mudah untuk mendapatkan akses kendaraan umum saat ingin mengunjungi tempat yang ingin anda kunjungi.

Kesimpulan

Meskipun dengan biaya pas-pasan, anda masih tetap bisa berlibur dan mengunjungi daerah yang sebelumnya belum pernah anda kunjungi. Beberapa tips diatas mungkin hanya sebagai referensi saja bagi anda yang ingin berlibur namun masih dipusingkan dengan berapa biaya yang harus anda keluarkan, dan bagaimana cara menghemat uang saat liburan.

Jogja mungkin hanya satu diantara banyak kota di Indonesia yang memiliki wisata dan alam yang indah dan wajib anda kunjungi. Dengan mengunjungi daerah wisata di Indonesia, secara tidak langsung anda sudah memberikan kontribusi yang nyata untuk memajukan pariwisata di Indonesia. Dampaknya pun bisa dirasakan oleh mereka yang memiliki mata pencaharian di sekitar objek wisata.

Belakangan ini industri pariwisata di Indonesia mengalami penurunan akibat pandemi yang menyebabkan aturan yang melarang kita untuk berkerumun di tempat umum, akibatnya banyak sekali tempat wiisata dan hiburan yang ditutup karena tidak dikelola dengan baik dan tidak adanya pemasukan. Namun sekarang kondisinya sudah kian membaik, dan sudah saatnya kita untuk memperkenalkan kembali kepada Dunia, bahwa Indonesia adalah negara yang indah.