Ads

Alat Restoran Sederhana Untuk Memulai Bisnis

Jika Anda berpikiran untuk memulai bisnis makanan atau restoran, salah satu perlengkapan wajib yang harus dipersiapkan adalah peralatan restoran seperti alat masak misalnya. Dengan mempersiapkan peralatan dapur atau perlengkapan restoran ini akan menjadikan Anda sudah mempersiapkan 50% kebutuhan Anda. 

Di kesempatan dan juga artikel ini kita akan membahas mengenai beberapa alat restoran sederhana untuk membuka atau memulai bisnis baru. Sesuaikan dengan tipe bisnis yang ingin Anda kembangkan, dan lengkapi kebutuhan wajibnya terlebih dahulu. 

Telenan

Telenan adalah salah satu peralatan wajib yang harus dimiliki oleh setiap dapur. Dengan menggunakan telenan kita bisa melakukan pemotongan bahan makanan, mulai dari sayur sampai dengan bahan keras seperti daging dan sebagainya. Di beberapa tempat, telenan juga dimanfaatkan sebagai salah satu sarana piring saji dimana lebih menarik dari segi visual untuk menarik pengunjung. 

Wajan dan Penggorengan

Selanjutnya ada wajan dan penggorengan dimana alat masak satu ini hampir bisa digunakan untuk semua kegiatan memasak. Anda bisa membuat masakan dengan basis goreng, rebus, tumis, dan sebagainya. Misalnya Anda ingin memasak bumbu nasgor sampai dengan tumis sayur kangkung. 


Pastikan untuk memilih wajan dan penggorengan terbaik sehingga lebih awet, dan tahan lama. Alat satu ini menjadi salah satu investasi terbaik sebelum Anda membuka sebuah bisnis makanan dan juga restoran. 

Panci

Setelah wajan dan penggorengan, Panci juga menjadi salah satu alat masak yang harus ada di sebuah dapur. Anda bisa memilih panci stainless sebagai pilihan selanjutnya, karena alat masak ini adalah yang paling serbaguna. Panci bisa digunakan untuk memasak sup ayam, atau berbagai makanan lainnya. Jangan lupa juga untuk memilih panci dengan bahan yang awet dan tahan lama seperti stainless steel. Karena investasi untuk peralatan satu ini sangatlah cocok untuk Anda yang ingin membuka bisnis makanan atau restoran. 

Pisau Dapur

Sebagai bisnis rumah makan dan restoran, apapun jenis masakannya, pisau dapur pasti akan selalu terpakai sehingga menjadi salah satu alat dengan peran yang sangat penting. Pisau dapur digunakan untuk berbagai kegiatan mulai dari mengiris sayuran, emmotong daging, sampai dengan mengupas buah. 


Ada banyak jenis dan ukuran pisau dapur jadi pastikan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya untuk penggunaan pengirisan daging akan membutuhkan pisau yang lebih besar dibandingkan dengan pisau untuk sayuran.

Spatula

Selanjutnya ada spatula yang menjadi salah satu alat dapur yang sangat berguna untuk pemilik bisnis restoran. Spatula adalah peralatan dapur yang berfungsi untuk menggoreng atau melakukan penumisan. 


Banyak sekali orang meremehkan spatula, padahal saat ingin menggoreng dan memasak, kita akan sangat kesulitan jika peralatan ini tidak tersedia. Seperti alat masak lainnya juga, Spatula dengan bahan stainless steel sendiri juga memiliki tingkat ketahanan serta awet yang lebih baik. 

Kesimpulan

Memiliki ide bisnis restoran memang sangatlah menarik, namun informasi seputar peralatan restoran juga harus diperhatikan. Kita tidak perlu membeli semua peralatan yang dibutuhkan, karena peralatan di atas bisa didapatkan dari mana saja. Anda bisa mendapatkan dari rumah jika sudah punya, kemudian ada juga beberapa peralatan bekas yang masih bisa digunakan.


Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk share informasi mengenai beberapa alat restoran sederhana ini, dengan menggunakan peralatan ini kita sudah bisa menyediakan berbagai menu menarik untuk bisnis restoran kita