Ads

Ciri dan Kriteria Website yang berkualitas baik

Seiring berkembangnya sistem informasi dan teknologi, banyak sekali yang memanfaatkan situs web sebagai media untuk membagikan informasi berupa data yang meliputi artikel, gambar, maupun video. Penggunaan website bisa mempercepat persebaran informasi hingga ke seluruh dunia yang mendapatkan jangkauan internet. Tetapi membuat website yang bagus dan sesuai dengan keinginan bukanlah hal yang mudah. Banyak sekali optimasi yang harus dilakukan supaya situs web bisa mendatangkan trafik atau pengunjung yang banyak.

Pada kesempatan  kali ini saya akan membahas bagaimana caranya supaya website bukan hanya sekedar dokumentasi yang berisi data saja, tetapi juga bisa mendatangkan pengunjung yang banyak dan yang paling penting adalah website bisa memiliki kualitas yang baik dan diakui oleh google dan mesin pencari lainnya. Oke langsung saja, berikut ini adalah beberapa poin yang harus anda perhatikan saat membangun sebuah website.

1. Website Harus Responsive

Responsive pada situs web disini adalah tampilan yang bisa diakses oleh berbagai jenis device seperti PC, Tablet, Maupun ponsel. Karena pengguna internet tidak hanya menggunakan PC saja, Jadi kita harus mengikuti keinginan pengguna internet. Maka dari itu harus menguji terlebih dahulu sebelum website dipublikasikan.

2. Tampilan Website Harus Simpel dan Enak Dilihat

Tampilan website yang bagus bisa dinilai dari berbagai aspek, diantaranya penggunaan warna yang cocok dan tidak mencolok, penggunaan gambar atau animasi yang bisa menarik perhatian pengunjung, dan isi tulisan yang tidak terlalu panjang namun lengkap. Mungkin ada penilaian lainnya, dan yang paling penting bisa membuat pengunjung betah dan tidak bosan dan pindah ke website lainnya.

3. Website Yang SEO Friendly

Website yang SEO Friendly bisa dengan mudah ditemukan di mesin pencari, bahkan bisa menempati posisi pertama pada saat dicari kata kuncinya. Banyak sekali yang harus diperhatikan terutama pada struktur website atau template yang meliputi header, body, hingga footer.

4. Optimasi Speed Atau Kecepatan Website

Pada saat membuka website pasti akan merasakan pengalaman yang berbeda-beda, ada yang loadingnya cepat, ada yang terganggu dengan banyaknya iklan dan loadingnya lama, ada juga yang memasang banyak iklan tetapi loadingnya cepat, dan masih banyak lagi. Bagi seorang developer website pasti dituntut untuk membuat website yang cepat dan tidak lola atau loading lama.

Untuk mengecek kecepatan website biasanya saya menggunakan situs pagespeed.web.dev. Disana kita tinggal memasukkan link website saja kemudian klik analyze pada bagian kanan. Dan hasilnya seperti pada gambar berikut ini.


Untuk mendapatkan website dengan kualitas yang baik, anda bisa menggunakan Jasa Pembuatan Website Profesional karena mereka pasti sudah menguasai ilmunya. Sehingga website yang anda pesan bisa sesuai dengan keinginan dan bisa konsultasi kapan saja.
 www.lenteraweb.com adalah salah satu penyedia jasa pembuatan website terbaik yang bisa membuat berbagai jenis website diantaranya sebagai berikut.

  1. Landing Page.
  2. Web Perusahaan.
  3. Web Toko Online.
  4. Web Personal.
  5. Web Sekolah.
  6. Web Portofolio.
  7. Web Order atau Marketplace.
  8. Web Tour and Travel.
  9. Web media.
  10. Web Undangan Nikah.
  11. Web Cafe.
  12. Web Arsitek.
  13. Dan Jenis Web Lainnya.
Demikian artikel mengenai Ciri dan Kriteria Website yang berkualitas baik, semoga setelah membaca artikel ini, Anda bisa mendapatkan insight positif dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di blog saya.