Ads

KITAS Itu Apa? Simaklah Penjelasannya Karena Sangat Penting Bagi WNA Yang Ingin Menetap di Indonesia

KITAS adalah singkatan dari Kartu Izin Tinggal Terbatas yang dibutuhkan oleh WNA atau Warga Negara Asing untuk tinggal dan bekerja di Indonesia. Dari namanya saja kita sudah paham yaitu izin tinggal terbatas, maka waktu untuk menetap di Indonesia memiliki batas waktu yang sudah ditentukan. Biasanya memiliki jangka waktu 6bulan, dan 1 tahun hingga 2 tahun. Sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan.


Berbeda dengan VISA yang hanya bisa digunakan untuk satu kali kunjungan saja, bagi WNA yang memiliki KITAS akan bebas keluar masuk Indonesia selama KITAS tersebut masih berlaku. Bukan tanpa alasan, karena izin tersebut biasanya digunakan warga asing untuk menetap dan bekerja, dan dalam sebuah pekerjaan bisa memungkinkan untuk keluar masuk atau bepergian keluar negeri untuk kepentingan pekerjaan. 

Jadi jangan berfikir bahwa TKA yang tiba-tiba masuk ke Indonesia datang begitu saja karena Negara kita adalah Negara Hukum. Pasti mereka sudah memenuhi persyaratan termasuk mengurus KITAS sebelumnya. Dan pertukaran pekerja antar pekerja memang sudah bukan hal baru, banyak WNI yang bekerja menjadi TKI di luar negeri, dan begitu juga sebaliknya. Karena sebuah Negara tidak bisa berdiri sendiri dan masih membutuhkan kerja sama dari Negara lain.

Pemegang KITAS memiliki keistimewaan tersendiri karena bisa mengurus izin tinggal di Disdukcapil dan bisa memiliki kendaraan pribadi atas nama sendiri. Jadi bisa dibilang setara dengan Warga Negara Indonesia. Namun tetap saja berhubung izin tinggal ini terbatas. Setiap tahun harus melakukan perpanjangan dengan menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan oleh pihak Imigrasi di Indonesia.

Itu semua bisa dilakukan secara offline maupun online di situs resmi Direktorat Jenderal Imigrasi Indonesia (Directorate General of Immigration), ada juga yang menggunakan jasa mengurus KITAS untuk menghemat waktu dan biaya, karena ditengah kesibukan dalam bekerja bisa saja membuat anda tidak sempat untuk menyiapkan beberapa dokumen penting untuk memenuhi persyaratan.

Siapa saja yang bisa mengajukan kitas? dan persyaratan apa saja yang harus disiapkan? anda bisa membaca pada situs greenpermit.id untuk penjelasan lebih lengkapnya. Selain itu pada situs tersebut anda juga bisa menggunakan jasa pengurusan  layanan imigrasi yang memudahkan Anda untuk mengurus izin tinggal di Indonesia dengan tim yang sudah profesional dan berpengalaman.