Cara Mencairkan Uang BLT Pekerja Rp1 juta Terbaru 2021 Melalui Bank BCA, BNI, BRI, dan Bank Mandiri

Kabar gembira bagi pekerja dengan gaji UMR  atau dibawah UMR yang berada pada zona PPKM level 3 dan level 4 bisa mendapatkan BLT pekerja atau pemerintah menyebutnya dengan program BSU ( Bantuan Subsidi Upah). Termasuk saya sendiri tentunya, karena memang gaji atau upah yang saya terima memang sesuai dengan UMR kota tempat dimana saja bekerja, dan pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya mencairkan uang bantuan dari pemerintah tersebut dari awal sampai akhir karena caranya bisa dibilang mudah, bisa juga dibilang susah. Maka anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini supaya uang bisa langsung dicairkan pada hari itu juga.


Apa Syarat Penerima BSU atau BLT Pekerja?

Pekerja dengan gaji maksimal 3,5 Juta atau dibawah UMR jika anda berada pada zona 3 dan zona 4 PPKM. Selain itu anda juga harus menjadi anggota aktif dari BPJS Ketenagakerjaan.


Cara Cek Apakah Dapat BSU?

Setelah anda memenuhi syarat, maka selanjutnya bisa di cek pada situs resmi pemerintah yaitu https://kemnaker.go.id/ dengan mendaftar dan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan. Dan setelah itu maka akan ada pemberitahuan bahwa anda berhak menerima BSU atau tidak, dan alhamdullilah saya mendapatkan bantuan tersebut dengan adanya keterangan seperti pada gambar berikut ini.



Kenapa Tidak Dapat BSU 2021?

Pekerja dengan gaji di atas UMR apalagi tidak berada pada zona PPKM level 3 dan 4 saya rasa menjadi alasannya. Karena memang dua faktor tersebut yang menjadi persyaratan untuk menerima bantuan BSU terbaru pada kali ini.


Berapa Bantuan BSU 2021?

Bantuan yang berhak anda terima adalah sebesar Rp 1.000.000 dan disalurkan melalui rekening bank HIMBARA seperti Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, dan BTN.

Oke langsung saja saya akan menceritakan bagaimana caranya saya mencairkan Uang BLT Pekerja yang saya terima melalui Bank BNI tersebut. Karena sebelumnya banyak sekali pertanyaan dan keluhan yang saya baca pada media sosial bahwa pencairannya sangat susah. Padahal sangat mudah menurut pengalaman pribadi dari saya.

Yang terpenting persyaratan sudah anda siapkan dan harus meluangkan waktu untuk antri, karena pada saat mencairkan uang banyak sekali yang datang langsung ke BANK, dan penerimanya pun juga dibatasi. Selain itu ada juga program lain seperti bantuan untuk anak sekolah dan banyak yang mencairkannya pada waktu yang sama. Jadi saya sarankan anda untuk datang lebih awal yaitu sebelum jam 8 pagi untuk mengambil nomor antrian. Dan proses yang tidak sebentar karena pembukaan rekening yang dilakukan di CS membutuhkan waktu cukup lama. Beruntung pada saat itu saya bekerja dengan shift siang.

BSU Pekerja 2021 kali ini berbeda dengan bantuan serupa yang dilakukan saat awal pandemi yang bisa dengan mudah anda dapatkan karena bisa langsung cair ke ATM manapun, dan saya pada waktu itu menggunakan ATM BCA. Bantuan sebesar Rp 600.000 per  bulan yang bisa anda dapatkan dengan total Rp 2.400.000 akan langsung cair tanpa harus datang langsung ke ATM untuk pembukaan rekening lagi.

Padahal saya juga memiliki nomor rekening BRI yang termasuk rekening Himbara, dan saya juga berfikir bantuan yang akan saya terima akan langsung cair ke rekening tersebut, tapi ternyata tidak. Saya malah dibuatkan rekening baru yaitu BNI sesuai dengan arahan di situs kemnaker tersebut. Tetapi itu tidak jadi masalah karena saya bersyukur masih bisa mendapatkan bantuan tersebut.

Akhirnya saya datang langsung ke Bank terdekat dengan membawa KTP, dan bukti screenshot dari situs kemnaker bahwa saya menerima bantuan BLT Pekerja tersebut. Setelah antri cukup lama, saatnya tiba bagian saya untuk menghadap ke CS. Kemudian KTP saya di scan, dan memang benar saya berhak atas bantuan BSU tersebut. Tetapi sayangnya saya tidak membawa Surat Keterangan Kerja yang mana itu adalah salah satu persyaratan juga yang bisa anda minta kepada HRD tempat anda bekerja. Dan selanjutnya saya mengambil nomor antrian dengan jadwal beberapa hari kedepan karena antrian semakin membludak dan akhirnya dibatasi.

Selain datang ke Bank terdekat karena sudah pasti mendapatkan BSU, ada juga bapak-bapak di sebelah saya yang juga berhak menerima bantuan, tetapi disuruh pulang lagi karena info dari CS bahwa pada perusahaan bapak-bapak tersebut jumlah karyawannya lebih dari 10 orang karena pabrik memang memiliki karyawan yang banyak, maka bantuan akan disalurkan secara kolektif yaitu pihak bank akan menginformasikan kepada HRD dengan melampirkan data karyawan yang menerima bantuan, lengkap dengan jadwal kapan harus datang ke BANK.

Akhirnya tiba waktunya saya untuk datang lagi ke bank untuk mencairkan uang bantuan BSU, pada waktu itu saya datang sebelum jam 8 untuk ikut antrian, sesuai jadwal saya berada pada urutan ke 17, berhubung ada beberapa orang yang tidak hadir pada saat itu maka nomor antrian saya maju menjadi nomor 11. Jadi saya sarankan jika anda sudah mendaftar untuk datang sebelum jam 8 atau sebelum nomor dibagikan.

Dengan nomor urut B 011 seperti pada gambar diatas, saya masuk ke dalam sekitar pukul 12.30 WIB. Sebelum masuk saya diwajibkan untuk mengunduh aplikasi peduli lindungi yang sudah tersedia di playstore. Dan scan barcode yang ada pada pintu masuk bank tersebut.

Bagaiman Jika Belum Vaksin Untuk Mencairkan Uang BSU?

Saya kurang tau pasti apakah diperbolehkan masuk, tetapi pada saat itu ada ibu-ibu yang akan bertemu CS tetapi bukan untuk mencairkan uang BLT malah tidak diperbolehkan masuk karena belum vaksin dan menunjukkan aplikasi peduli lindungi.

Setelah masuk dan persyaratan yang saya siapkan sudah lengkap, alhamdullilah buku rekening dan kartu  ATM berhasil dibuat. 


Kesimpulan

Pencairan BLT Pekerja Terbaru 2021 sangatlah mudah jika anda mengikuti aturan yang ada dan mempersiapkan persyaratan yang diminta oleh pihak bank, dan segera melakukan pencairan ke bank terdekat karena jika tidak uang itu menurut informasi yang saya baca akan dikembalikan lagi ke kas negara.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mencairkan Uang BLT Pekerja Rp1 juta Terbaru 2021 Melalui Bank BCA, BNI, BRI, dan Bank Mandiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel