Cara Memilih Software Absensi Karyawan Secara Tepat untuk Perusahaan

Software absensi karyawan merupakan hal yang cukup familiar bagi para perusahaan besar. Namun, tidak hanya perusahaan besar yang dapat menggunakan software ini, perusahaan yang baru merintis pun juga mulai bisa menggunakannya mengingat banyak karyawan perusahaan startup bekerja secara remote. 

Berbagai perusahaan mulai melirik software absensi karyawan karena kepraktisan dalam absensi yang membantu karyawan serta HRD. pihak karyawan tak harus ada di kantor untuk melakukan clock in dan HRD pun juga dimudahkan dalam melakukan rekap kehadiran untuk keperluan payroll bulanan. 

Beda perusahaan, pasti beda pula kebutuhannya. Keberagaman software di pasaran sering membuat perusahaan merasa kesulitan untuk memilih mana yang paling cocok dengan kebutuhan. 

Jadi, bagaimana cara yang tepat untuk memilih software dengan tepat? Mari simak artikel di bawah ini!

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Fresh Graduate


Pahami Kondisi Internal

Sebelum memilih software, yang harus Anda pahami adalah kondisi internal perusahaan terlebih dahulu. Mengapa demikian? Hal ini untuk menghindari pembelian atau penggunaan sumber daya yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. 

Contohnya jika perusahaan Anda hanya berjumlah 50 karyawan dan bekerja hanya di kantor, maka tampaknya perusahan Anda tidak terlalu butuh. Namun jika jumlah karyawan di atas 100 dan sering bekerja secara remote, menggunakan absensi lewat software bisa menjadi alternatif. 

Di sisi lain, memahami kebutuhan perusahaan juga dapat membantu Anda untuk memahami apa saja kemampuan yang harus ada di software tersebut. 


Sesuaikan dengan Anggaran

Selanjutnya Anda harus mempunyai anggaran khusus untuk mengembangkan software absensi karyawan. Bila perusahaan tidak mampu mengembangkan software secara mandiri, perusahaan dapat menggunakan jasa dari vendor software. 

Khusus bagi perusahaan yang akan menggunakan jasa vendor, biasanya vendor akan memberikan uraian biaya dengan penyesuaian jumlah karyawan di perusahaan serta kebutuhan yang diminta. Semakin banyak jumlah karyawan, umumnya semakin murah harga yang ditawarkan vendor. 


Cari Tahu Reputasi Vendor

Selanjutnya, Anda bisa mencari tahu reputasi vendor yang menawarkan software absensi karyawan. Mencari tahu tentang reputasi vendor memang gampang-gampang susah. Anda bisa mulai mempelajari testimoni yang diberikan perusahaan lain sebagai client dari vendor software. 

Contoh vendor software absensi online karyawan yang sudah terkenal adalah LinovHR. Client LinovHR hadir dari berbagai macam industri. LinovHR juga dikenal sebagai vendor yang menjamin keamanan dan kerahasiaan informasi karyawan dari client. 


Pastikan Kelengkapan Fitur

Yang terakhir, sebelum Anda memutuskan untuk memilih vendor, pastikan software yang ditawarkan benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan dan lengkap. Untuk mempelajarinya, Anda bisa mengajukan demo kepada pihak vendor. Dari situlah vendor akan menjabarkan berbagai fitur yang ada.  Jika ketika demo ternyata fitur tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan, maka Anda berhak untuk mencari vendor lain yang lebih cocok. 

Demikian ulasan mengenai bagaimana cara memilih software absensi karyawan. Semoga ulasan singkat di atas dapat membantu! 

Belum ada Komentar untuk "Cara Memilih Software Absensi Karyawan Secara Tepat untuk Perusahaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel