Tips Mendapatkan Benih Sayuran Unggul Dengan Memanfaatkan Penyuluh Pertanian Online di Pohaci

    Pertanian adalah kegiatan bercocok tanam yang meliputi bahan pokok, sayuran, dan sejenisnya. Pertanian sendiri kebanyakan berada pada dataran rendah dengan suplai air yang cukup seperti halnya menanam padi, aliran air atau irigasi harus selalu terjaga supaya pertumbuhan padi terjaga, tetapi berbeda dengan sayuran karena kadar air yang dibutuhkan untuk menanam sayuran harus disesuaikan juga dengan suhu atau temperatur sesuai kebutuhan benih yang akan ditanam. Untuk sayuran sendiri banyak kita temui saat berada di dataran tinggi atau lereng gunung karena memiliki tekstur tanah, kadar air, dan temperatur yang sangat cocok untuk menanam sayuran. Kurangnya penyuluh pertanian yang memberdayakan para petani saat ini membuat hasil pertanian yang ada di Indonesia kurang maksimal, inilah salah satu penyebab banjirnya produk import yang masuk karena memiliki kualitas yang lebih unggul.


    Peran pemerintah sendiri sebenarnya sudah sangat banyak untuk membantu para petani untuk meningkatkan hasil produksi seperti subsidi pupuk, hibah alat-alat pertanian, membangun bendungan untuk menjaga saluran irigasi dan memperluas area pertanian, dan masih banyak lagi. Termasuk membuka penyuluh pertanian CPNS 2021 yang dibuka oleh Kementerian Pertanian. Hal ini dilakukan untuk menambah penyuluh pertanian lapangan yang ditugaskan untuk turun langsung mendapingi para petani dengan pelatihan-pelatihan yang akan ditingkatkan.

    Tetapi penambahan penyuluh pertanian swadaya tersebut sangat terbatas jika dibandingkan dengan jumlah petani dan kelompok tani yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Itulah kenapa pihak swasta juga sangat dibutuhkan untuk terlibat dalam memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) para petani. Untuk distribusi atau supply chain sendiri saya sudah melihat ada beberapa startup yang berkembang untuk membantu petani menjual hasil panen mereka. Hal itu membuat petani bisa mendapatkan harga yang terbaik.

    Pada era digital saat ini semua informasi bisa dengan mudah didapatkan lewat internet, saya berharap banyak bermunculam petani-petani muda yang memiliki terobosan terbaru untuk mengembangkan kegiatan pertanian di tanah air, padahal banyak sekolah maupun perguruan tinggi yang memiliki jurusan yang mengarah pada bidang pertanian dan perkebunan. Tetapi sangat disayangkan kebanyakan diantara lulusan tersebut lebih suka untuk bekerja kantoran daripada turun langsung untuk membantu para petani. 


Bagaimana Cara Mendapatkan Benih Sayuran Unggul dengan Kualitas Terbaik?

    Sebenarnya untuk mendapatkan benih sayuran tidaklah mudah, banyak benih sayuran murah yang dijual pada marketplace yang ada di Indonesia. Tetapi soal kualitas anda harus lebih selektif lagi karena saya juga sudah pernah mencoba membeli benih pada online shop untuk mengisi kegiatan dirumah saat pandemi, tapi sayang hasilnya kurang maksimal banyak yang tidak tumbuh dengan baik. Itulah kenapa saya menyarankan anda yang ingin memulai berkebun dirumah dengan menanam sayuran untuk membuka situs pohaci.id karena disana banyak menawarkan benih yang lengkap dari benih sayuran hidroponik hingga benih sayuran organik dengan kualitas yang terbaik karena semua benih dilengkapi sertifikat dan bergaransi. Sangat menarik bukan.

    Selain menyediakan benih unggulan, pada situs tersebut juga memberikan tips tentang dunia pertanian yang bisa anda terapkan dalam kegiatan sehari-hari, dan ada juga penyuluhan pertanian yang bisa anda manfaatkan secara online.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mendapatkan Benih Sayuran Unggul Dengan Memanfaatkan Penyuluh Pertanian Online di Pohaci"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel