Mengenal Kambing Etawa dan Beberapa Perbedaan Jika Dibandingkan Dengan Kambing Biasa

    Kambing etawa adalah kambing hasil persilangan dari kambing ras India dengan kambing lokal yang dilakukan sejak pemerintahan kolonial belanda, dan populasinya pun semakin banyak seiring dengan berkembangnya peternakan-peternakan dalam skala kecil maupun besar yang ada di tanah air. Karena memiliki keistimewaan tersendiri, peternakan kambing etawa memiliki banyak sekali peminat dari berbagai daerah.


Apa Saja Perbedaan Kambing Etawa Jika dibandingkan dengan Kambing Lain? 

  1. Selain manfaat dari daging, atau kambing pedaging. Susu yang dihasilkan dari kambing etawa juga bisa siap dikonsumsi seperti susu dari sapi perah.
  2. Banyak manfaat dari susu kambing etawa.
  3. Bisa untuk kontes.
  4. Ukuran kambing yang lebih besar hingga diatas 50 Kg untuk setiap kambing.
  5. Postur tubuh kambing etawa panjang dan tinggi.
    Untuk budidaya atau peternakan kambing etawa tidak jauh berbeda dengan kambing yang lainnya. Pemberian makan pun bisa menggunakan pakan tradisional pada umumnya, dan bisa juga menggunakan pakan fermentasi. Dengan modal satu jutaan saja untuk memperoleh peranakan atau bibit kambing etawa, anda bisa mendapatkan keuntungan jika serius untuk mengembangkan jenis kambing yang satu ini.

Apa Ciri-Ciri Kambing Etawa Yang Bisa Digunakan Untuk Kontes?

    Selain kambing pedaging dan susunya yang bisa diperah dan memiliki banyak manfaat, keunggulan dari kambing etawa adalah bisa dikembangkan untuk kontes. Yang anda lakukan adalah merawatnya dan memberikan perlakuan khusus supaya kambing siap untuk mengikuti kontes dengan ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Ukuran yang meliputi panjang dan tinggi kambing.
  2. Panjang dan lipatan telinga.
  3. Gelambir.
  4. Bentuk muka.
  5. Corak warna.
    Jika kambing anda memiliki ciri-ciri seperti yang saya sebutkan diatas, maka siap untuk mengikuti kontes kambing yang banyak diikuti para penghobi atau kolektor kambing. Dan tidak main-main jika menang pada kontes tersebut, harga kambing etawa yang anda miliki bisa terjual dengan harga yang mahal sesuai penawaran dari peminat.


    Dari beberapa keuntungan yang saya jelaskan diatas, mudah-mudahan semakin banyak para peminat bahkan kaum milenial yang ingin menjadi seorang peternak kambing maupun hewan ternak lainnya, karena jika ditekuni pasti akan mendatangkan kesuksesan. Apalagi yaang tinggal di pedesaan yang mana pakan ternak bisa dengan mudah ditemukan. Dan untuk anda yang ingin belajar tentang dunia peternakan khususnya kambing etawa, anda bisa membaca selengkapnya di https://www.etawajaya.com/

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Kambing Etawa dan Beberapa Perbedaan Jika Dibandingkan Dengan Kambing Biasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel