5 Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Keamanan Informasi Perusahaan

Lakukan 5 Hal Ini Untuk Keamanan Informasi Perusahaan

    Data perusahaan wajib untuk dilindungi dan dijaga keamanannya karena merupakan aset berharga dari bisnis Anda. Melindungi keamanan data bisnis tidak cuma memerlukan perangkat komputer dan sistem informasi yang up-to-date, tetapi juga sumber daya dan tata kelola informasi yang baik, sehingga data perusahaan tidak rusak, hilang, atau bocor ke tangan orang lain.

Untuk melindungi aset berharga ini, Anda bisa melakukan langkah berikut agar informasi data perusahaan selalu aman:

1. Mengamankan jaringan internet maupun intranet

    Perusahaan memiliki jaringan internet maupun intranet bersama yang digunakan untuk mendukung aktivitas produksi dan komunikasi. Tak jarang data-data penting diakses dengan menggunakan jaringan ini. Jika jaringan yang ada di perusahaan Anda tidak diamankan dengan baik, sistem informasi tersebut akan sangat mudah untuk disusupi virus, phishing, atau tindakan jahat dari oknum yang ingin mencuri data perusahaan.

2. Memberikan Hak Akses yang Jelas

    Mengingat akan ada pegawai lain atau orang yang diberi tanggung jawab untuk membantu mengelola data, diperlukan adanya kejelasan dalam memberikan hak akses dan otoritas terkait siapa yang bisa mengakses data tersebut. Dengan adanya kejelasan hak akses, akan mudah untuk melakukan tracking jika terdapat kesalahan dalam penyebaran informasi atau kerusakan data.

3. Lakukan Backup Rutin

    Data adalah aset paling berharga, sehingga Anda perlu melakukan backup secara rutin. Jika sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi, Anda masih bisa mengembalikan data dari backup atau cadangan tersebut.

4. Edukasi ke Semua SDM

    Berikan edukasi ke seluruh SDM di perusahaan Anda tentang pentingnya menjaga keamanan data. Terkadang, tidak semua karyawan paham soal pentingnya menjaga kerahasiaan data, sehingga hanya menyerahkannya ke Tim IT. Padahal hal ini perlu diketahui oleh semua orang di perusahaan agar keamanan data bisa dijaga bersama-sama.

5. Memiliki Data Center

    Pusat data atau data center adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan komponen-komponen terkaitnya, seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data. Dengan menyimpan data di data center atau pusat data, keamanan data pun lebih terjamin.


    Anda dapat mempercayakan data center perusahaan Anda pada neuCentrIX. neuCentrIX menawarkan jenis data center data colocation yaitu jenis pusat data yang menyewakan fasilitasnya, termasuk gedung, peralatan, listrik, pendingin, dan keamanan fisik ke banyak perusahaan. Sebagian besar server colocation bersifat carrier-neutral sehingga bersifat independen dan terhubung ke lebih dari satu penyedia jaringan. Hal ini memungkinkan penyewa menghindari batasan untuk hanya mengandalkan satu jaringan tertentu dan bersikap fleksibel dalam memilih berbagai opsi konektivitas.

  NeuCentrIX juga memiliki layanan cloud service yang menawarkan menawarkan fleksibilitas untuk memenuhi kebutuhan spesifik Anda, dari berbagai penggunaan, pengembangan berskala ultra, hingga berbagai penyesuaian.

    Pastikan keamanan informasi data perusahaan Anda dapat terjaga di tangan yang tepat. Jangan ragu untuk menggunakan layanan neuCentrIX yang dapat mendukung kebutuhan data center perusahaan Anda.

Belum ada Komentar untuk "5 Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Keamanan Informasi Perusahaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel