Gaji Blogger Pemula - Pengalaman Saya Mendapatkan 1 Juta Pertama dari Google Adsense dengan Menulis Blog

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman kenapa saya tertarik dengan menulis blog sampai mendapatkan satu juta pertama dari google adsense. Sebelum saya bicara berapa besar rata-rata gaji blogger pemula hingga gaji para blogger-blogger senior yang biasanya dipanggil dengan panggilan suhu. Banyak tantangan yang harus dilewati seorang penulis blog apalagi bagi pemula dengan kemampuan menulis seadanya seperti saya ini. 


Berawal dari channel youtube yang kena dismonetisasi dan akun adsense nganggur, saya memberanikan diri dengan membangun sebuah blog. Bahkan saya belum paham dengan apa itu ilmu SEO dan sebagainya. Yang saya tahu hanyalah menulis dan orang akan membaca tulisan saya di blog yang saya bangun dengan sepenuh hati ini. 

Setelah beberapa bulan berlalu, sedikit demi sedikit artikel mulai saya tulis dengan niche yang tidak jelas, saya menulis artikel dengan berbagai tema seperti yang saya alami dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saat saya pernah mengalami Uang yang tertelan di ATM dan menulis pengalaman tersebut di blog, hasilnya puluhan ribu orang yang membacanya. Tidak berhenti begitu saja, saya pun terus menulis artikel-artikel selanjutnya. Hingga akhirnya saya pun mencoba untuk mendaftarkan blog ke google adsense.

Berapa Lama Blog Diterima Google Adsense?

Mungkin bagi sebagian orang yang sudah paham tekniknya hanya butuh waktu beberapa minggu untuk bisa diterima, tetapi berdasarkan pengalaman saya pribadi butuh waktu hingga berbulan-bulan baru bisa diterima dan mulai memasang iklan dari google adsense, saya disini menggunakan metode add site di akun adsense bekas channel youtube. Bahkan saya beberapa kali ditolak dan mencoba mendaftarkannya lagi sambil melakukan perbaikan-perbaikan pada blog.

Oh iya, pada saat itu blog yang saya buat masih menggunakan domain gratisan bawaan blogger, jadi namanya waktu itu masih www.bangpuzut.blogspot.com, akhirnya saya memberanikan diri membeli domain di rumahweb dengan biaya sekitar Rp 145.000,- pada saat itu untuk masa aktif satu tahun.

Dan benar saja, setelah saya membeli domain TLD tersebut blog saya langsung diterima oleh google adsense, mungkin memang berpengaruh kali ya? tetapi saya juga tidak tahu apakah gara-gara itu akhirnya blog saya bisa menayangkan iklan adsense, karena pada waktu itu memang saya melakukan perbaikan di beberapa bagian seperti membuat sitemap, membuat privacy policy, mendaftar google analythic, mendaftar google search console dan lain-lain.

Apa Yang Terjadi Setelah Blog Diterima Google Adsense?

Yang saya rasakan hanyalah rasa malas, kenapa bisa begitu? karena hasil yang saya dapatkan dari google adsense blog ini sangatlah kecil, bahkan per hari bisa dibawah Rp 100,- saja jika tidak ada klik iklan, waktu ramai pun hasilnya juga paling hanya beberapa ribu saja. Jadi anda jangan menanyakan berapa gaji blogger perbulan jika yang kalian hadapi adalah blogger pemula yang pemalas seperti saya. Tapi lain cerita dengan blogger-blogger yang sudah sukses yang biasa kalian temui di forum-forum facebook, kadang mereka membagikan screenshot penghasilan mereka sehari bisa Rp 400.000, hingga Rp 1.000.000 dalam waktu sehari saja. Itu adalah penghasilan yang mereka terima dalam waktu sehari saja ya, bayangkan dalam sebulan berapa banyak gaji yang didapatkan.

Itulah kenapa orang yang lebih memahami ilmu SEO bisa dengan mudahnya mendapatkan gaji yang tinggi dari menulis blog, Bahkan saya sempat mengirimkan pesan kepada seseorang di facebook yang mendapatkan penghasilan rata-rata diatas 100 ribu dalam sehari hanya dengan 19 artikel saja. Saya jadi berfikir selain rasa malas, ilmu juga berpengaruh dalam kesuksesan seorang blogger.

Dari berbagai obrolan yang saya tangkap dengan para suhu blogger di facebook diantaranya adalah, kebanyakan dari mereka menggarap niche atau tema yang sudah jelas, jadi saat ada salah satu artikel yang sudah page one, artikel yang lainnya akan menyusul. Selain itu jumlah kata dalam sebuah artikel juga berpengaruh, karena kebanyakan artikel yang ditulis jumlah kata lebih dari 800 kata, sedangkan saya hanya menulis 300-400 kata saja untuk setiap artikel.

Apa daya buat saya yang sudah terlanjur membuat artikel gado-gado ini, tetapi saya tidak patah semangat begitu saja, banyak optimasi yang saya lakukan, termasuk menambahkan kata pada setiap artikel, mencari microniche dari artikel yang sudah saya buat dan akhirnya sedikit membuahkan hasil dengan naiknya jumlah artikel saya yang memasuki page one, atau masuk di halaman pertama pencarian google.


Berapa Gaji Blogger Indonesia?

Semua itu tergantung dari tinngkat kemalasan seorang blogger itu sendiri, semakin malah maka akan semakin kecil hasil yang diperoleh. Gaji blogger adsense juga berbeda beda tergantung dari jumlah traffic dan dari negara mana si pembaca berasal, oleh sebab itu gaji blogger malaysia misalnya, pasti akan berbeda dengan negara lain termasuk Indonesia karena CPC pada setiap negara berbeda-beda. Jadi kuantitas traffic juga tidak bisa menjamin gaji blogger dalam sebulan, bahkan butuh waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun untuk mendapatkan $100 atau minimal penarikan dari google adsense.

Dari Mana Saja Penghasilan Seorang Blogger?

Sebelum saya mendapatkan satu juta pertama dari google adsense, saya terlebih dahulu mendapatkan satu juta pertama dari penjualan backlink dari beberapa marketplace jual beli backlink seperti sosiago, rajabacklink, dan lain-lain. Jadi sumber penghasilan seorang blogger tidak bergantung pada iklan google adsense saja, anda bisa memanfaatkan marketplace jual beli backlink, situs affiliate, dan masih banyak lagi cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog.

Satu Juta Pertama dari Rajabacklink

Jadi jangan hanya mengandalkan google adsense saja ya sob, bicara soal gaji saya rasa jangan langsung terjun ke dunia blogger untuk menjadi seorang fulltime blogger, anda bisa mencobanya dengan menjadi seorang part time blogger atau pekerjaan sampingan. Karena butuh proses panjang untuk bisa rutin mendapatkan gaji dari google adsense setiap bulannya.


Apakah Blog Ini Akan Saya Jual Nantinya?

Mungkin saya akan berfikir terlebih dahulu untuk menjual blog ini, karena dalam satu email saya memiliki beberapa blog dan terkoneksi juga dengan channel youtube yang bisa sewaktu-waktu dimonetisasi lagi. Tetapi tidak menutup kemungkinan akan saya lepas jika ada yang menawar dengan harga tinggi, karena saya rasa blog adalah aset yang bisa diinvestasikan dan harganya akan semakin naik.


Kesimpulan

Hal yang akan dihadapi seorang blogger pemula saat baru diterima google adsense adalah rasa malas karena hasil tidak sesuai yang diharapkan. Banyak alternatif iklan lain seperti adsterra, MGID, rajatraffic, dan masih banyak lagi untuk dimanfaatkan. Jadi jangan patah semangat, teruslah menulis konten yang bermanfaat buat orang banyak. Karena orang mencari sesuatu di google pasti untuk menyelesaikan masalah atau sekedar mengetahui hal baru. 

2 Komentar untuk "Gaji Blogger Pemula - Pengalaman Saya Mendapatkan 1 Juta Pertama dari Google Adsense dengan Menulis Blog"

  1. Ya Mas Bagus Sampeyan jujur saya senang sekali mendengar keluhan Blogger yg sangat jujur semoga Blogmu maju ya mas dan barakah.
    Saya juga punya blog namanya:

    BLOG HUKUM KETATANEGARAAN DAN KAJIAN KONSTITUSI

    Trafik masih sepi banget padahal saya rajin menulis mudah2an utk teman kita semua sukses ya di Blogger ini.
    Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, terima kasih banyak pak sudah mengunjungi blog saya.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel