Berapa Biaya Rehabilitasi Narkoba di Indonesia? Inilah Penjelasannya

Sejauh ini biaya rehabilitasi narkoba masih menuai banyak pertanyaan. Ada sebagian orang yang berpikir bahwa harus mengeluarkan uang yanh cukup banyak untuk bisa melakukan rehabilitasi. Namun pihak lain berkata bahwa layanan ini gratis, berikut ulasan lengkapnya. 


Biaya Rehabilitasi Narkoba yang Perlu Anda Ketahui

Pada dasarnya, biaya rehabilitasi narkoba memiliki beberapa format yang bisa Anda manfaatkan. Bagian-bagian tersebut mungkin saja bersifat gratis ataupun berbayar tergantung menggunakan pihak mana. Berikut beberapa hal tentang biaya rehabilitasi yang diketahui.

1. Berapa Biaya Rehabilitasi?

Merujuk pada informasi yang ada, biaya rehabilitasi narkoba bisa dikatakan gratis alias tidak dipungut biaya apapun. Hal tersebut terdapat pada aturan yang telah dibuat serta tertuang dalam peraturan kementerian kesehatan. Jadi, Anda tak akan mengeluarkan biaya.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk pemerintah dalam membantu para pecandu bisa pulih dan terlepas dari ketergantungan. Selain itu, upaya tersebut pun guna menakan angka penyalahgunaan narkoba. Jadi, salah satu langkahnya adalah adanya layanan rehabilitasi.

2. Apakah BPJS Menanggung Biaya Rehabilitasi?

Banyak yang bertanya apakah BPJS bisa menanggung biaya rehabilitasi. Jawabannya adalah tentu bisa. Hal tersebut telah dinyatakan oleh pihak terkait bahwa BPJS akan menanggung pengobatan tersebut. Bahkan program seperti ini sudah berjalan dalam beberapa tahun.

Tentu hal ini pun sebagai bentuk bahwa pemerintah sangat serius dalam membantu pemulihan para pecandu. Selain itu juga guna memerangi penyalahgunaan narkoba. Namun terlepas dari itu pastinya Terdapat beberapa ketentuan yang harus dipenuhi.

3. Bantuan Dari IPWL

Selain memanfaatkan program yang ada pada BPJS, cara lain agar bisa menikmati layanan rehabilitasi gratis yaitu melalui IPWL. Hal ini merujuk ke peraturan bersama mengenai penanganan dalam memulihkan pecandu narkoba. Aturan ini pun tertera di undang-undang.

Regulasi ini sebagai bentuk guna memastikan bahwa para pecandu narkoba dapat menggunakan layanan rehab secara gratis. Melalui IPWL atau Institusi Penerima Wajib Lapor memudahkan prosesnya. Didalamnya terdaftar rumah sakit, puskesmas dan lainnya.

Beberapa Syarat Permohonan Rehabilitasi Narkoba yang Wajib Dipenuhi?

Selain bicara mengenai biaya rehabilitasi narkoba, tentu ada berbagai ketentuan yang harus Anda penuhi. Hal tersebut berlaku untuk semua para calon pasien rehabilitasi dan sudah diatur oleh pihak terkait. Berikut beberapa surat serta syarat pengajuan layanan rehabilitasi.

1. Surat Permohonan Rehabilitasi

Syarat pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuay surat permohonan untuk layanan rehabilitasi. Dalam ketentuan ini terdapat beberapa format yang harus dipenuhi. Informasi tersebut bisa didapatkan melalui situs atau Website terkait baik pihsk Polri ataupun BNN.

Sebelum masuk ke tahap selanjutnya surat permohonan rehabilitasi adalah langkah awal pengajuan. Hal ini berlaku sebelum masuk ke langkah pemeriksaan. Tujuannya adalah guna memastikan apakah layak mendapatkan layanan rehabilitasi narkoba.

2. Tes Medis

Setelah surat permohonan rehabilitasi dibuat dan diterima, maka langkah selanjutnya adalah pemeriksaan medis. Dalam tahap ini ada beberapa metode pengecekan yang akan dilakukan. salah satu diantaranya adalah hasil tes urine guna memastikan positif atau negatif narkoba.

Selain itu, akan dilakukan tes medis secara keseluruhan guna memenuhi kebutuhan syarat dan ketentuan rehabilitasi. Pengajuan layanan tersebut juga harus didasari oleh orang tua atau yang bertanggung jawab. Terakhir proses administrasi dan lainnya.

Itulah tadi pembahasan mengenai berapa biaya rehabilitasi narkoba serta apa saja syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Perihal uang yang harus Anda keluarkan pada dasarnya, tidak ada sama sekali. Hanya saja tergantung pihak mana yang menangani layanan tersebut.

 

Belum ada Komentar untuk "Berapa Biaya Rehabilitasi Narkoba di Indonesia? Inilah Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel