Ads

Jasa Pembuatan Studi Kelayakan dan Bisnis Plan

Bisnis atau bidang usaha pasti tidak akan muncul begitu saja, semuanya butuh rencana dan gagasan sebelum diimplementasikan menjadi sebuah bisnis yang nyata. Itulah yang dinamakan bisnis plan. Sebagai perencana sebuah bisnis pasti sudah memiliki arah dan tujuan untuk mencapainya. 

Jika anda tidak memiliki rencana yang jelas, pasti akan menyusul para pendahulu yang gagal karena belum memiliki perencanaan yang matang. Karena mereka berfikir membangun sebuah bisnis tinggal menjalaninya saja. Tidak memikirkan dampak yang muncul setelah bisnis berjalan, entah itu jangka pendek maupun jangka panjang. 

Bisnis plan berisi planning atau perencanaan arah bisnis kedepan bagaimana secara rinci dalam bentuk proposal atau tulisan, inilah yang nantinya digunakan untuk mencari dana dari investor untuk menambah modal bisnis supaya bisa menjadi besar kedepannya. Seperti perusahaan startup yang kian menjamur di Indonesia, itu semua tidak akan tumbuh jika mengandalkan modal seadanya. Mereka besar karena investor yang berani menanamkan modalnya untuk perusahaan.

Gojek adalah salah satu startup karya anak bangsa yang sukses menjadi startup unicorn, bahkan menjadi startup decacorn pertama di Indonesia, itu tidak lepas dari investor yang menyuntikkan dana mereka, mulai dari Google, Facebook, Paypal, Sequoia Capital, Tencent Holdings, dan masih banyak lagi. Itulah yang akan didapatkan jika sebuah bisnis memiliki bisnis plan yang jelas, sebab nantinya jika perusahaan dilirik investor, kita harus siap menjawab pertanyaan dan memenuhi permintaan investor.


Bisnis plan dan studi kelayakan adalah dua komponen yang tidak bisa dipisahkan, sebab saling berkaitan. Studi kelayakan dibuat untuk mengkaji atau menilai sebuah bisnis plan dari berbagai aspek yang nantinya sebagai acuan apakah konsep dan ide bisnis layak untuk dilanjutkan atau tidak. Jadi hanya bisa dikerjakan oleh para ahli yang sudah berpengalaman di bidangnya. Seperti yang dilakukan oleh grapadi group yang mendirikan Jasa pembuatan studi kelayakan untuk membantu para pelaku bisnis. 

Tidak hanya Jasa studi kelayakan saja, grapadi bahkan bisa melakukan keduanya secara bersamaan. Yaitu jasa pembuatan bisnis plan dan jasa pembuatan studi kelayakan, anda tidak perlu khawatir harus mencari dua penyedia jasa yang berbeda, karena semuanya bisa dilakukan secara bersamaan.

Keuntungan yang didapatkan saat menggunakan dua jasa yang berbeda secara bersamaan selain menghemat waktu dan biaya karena dikerjakan oleh para ahli. Proses perencanaan akan lebih terperinci karena ahli pasti sudah paham betul seluk beluk bisnis yang akan dibangun,.

Saat ini banyak sekali perusahaan yang terkena dampak akibat pandemi, bahkan banyak perusahaan yang merumahkan para karyawannya. Dengan perencanaan yang matang dari sebuah bisnis plan, pasti akan siap untuk menghadapinya, dalam sebuah perencanaan juga pasti sudah disusun bagaimana jika dalam waktu kedepan akan mengalami musibah, dan bagaimana cara menanggulanginya. Begitu juga bagi yang baru memiliki ide untuk memulai bisnis saat pandemi seperti ini, dibutuhkan konsultan yang jelas dan berpengalaman. 

Saya sendiri sebagai seorang blogger juga memiliki perencanaan sebelum membuat dan menulis sebuah artikel di dalam blog yang saya miliki. Mulai dari menyiapkan template yang menarik, menentukan tema, mencari visitor, memaksimalkan tulisan yang SEO friendly, memperkuat backlink, melatih skill menulis yang baik dan benar dan masih banyak lagi. Sehingga tidak akan mengalami kesulitan saat blog sudah berjalan. Bandingkan jika seorang blogger tidak memiliki arah dan tujuan yang akan dicapai untuk kedepannya, yang dialami pasti rasa malas, bingung untuk menemukan ide menulis, bahkan putus asa saat blog tidak ada pengunjungnya.

Tetapi contoh pengalaman saya menjadi seorang blogger tidak akan mengalami kerugian besar saat mengalami kegagalan karena membuatnya tidak membutuhkan modal yang besar, bahkan saya bisa membuatnya secara gratis, berbeda dengan sebuah bisnis besar yang menggunakan dana fantastis untuk membangunnya. Jadi harus direncanakan secara matang supaya struktur yang dihasilkan kuat.

Kesimpulan

Sebuah bisnis harus memiliki perencanaan dan tujuan yang jelas yang dilengkapi dengan studi kelayakan untuk memperkuat perencanaan bisnis. Gunakanlah jasa pembuat bisnis plan dan studi kelayakan yang dilakukan oleh para ahli supaya bisnis berjalan dengan lancar nantinya.