Cara Kerja Fiber Optik serta Kekurangan dan Kelebihannya

Dalam suatu jaringan komputer ada 4 jenis kabel yang wajib diketahui, yaitu Kabel Coaxial, kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), Kabel STP (Shielded twisted pair), dan Fiber Optik. Tetapi selama saya menempuh pendidikan dengan jurusan Teknik Komputer Jaringan hanya bisa menggunakan kabel UTP, STP dan coaxial yang biasanya untuk penghubung antara televisi dan antena digital. 

Ada satu kabel yang belum saya sentuh yaitu fiber optik, itu dikarenakan jenis kabel tersebut membutuhkan penanganan khusus untuk proses penyambungannya, karena serat optik yang digunakan sangat kecil dan diameternya hampir menyamai rambut manusia. Hanya perusahaan besar saja yang dapat menggunakannya.



Transfer data antar komputer semakin cepat, dan sekarang mulai dikembangkan teknologi 5G, itu tidak lepas dari pemasangan kabel optik untuk menghubungkan menara BTS, dan itu semua harus terpasang dengan rapi. Tidak jarang kita menemui proyek penggalian untuk memasang kabel FO ( Fiber Optik). Selain bawah tanah, bisa juga dibawah laut untuk menghubungkan antar pulau hingga antar negara dan itulah yang dinamakan internet.

Berikut ini adalah kekurangan dan kelebihan kabel fiber optik

Kekurangan
  1. Harganya mahal.
  2. Proses perawatan tidak mudah.
  3. Pemasangan hanya bisa dilakukan oleh ahli di bidangnya, jadi tidak sembarangan.
Kelebihan
  1. Proses transfer data lebih cepat hingga gigabyte per detik.
  2. Jarak transmisi jauh.
  3. Bebas dari gangguan sinyal elektromagnetik.
  4. Resiko kehilangan data sangat rendah.
  5. Resiko konsleting rendah karena tidak menggunakan arus listrik.

Kesimpulan

Internet yang kita nikmati saat ini tidak lepas dari kerja keras penyedia layanan provider yang meningkatkan pelayanan dengan upgrade kecepatan dengan merawat kabel fiber optik antar menara BTS untuk menghubungkan konektivitas antar pengguna internet, dan semua itu tidak mudah karena hanya bisa dilakukan oleh tenaga profesional yang berpengalaman. Maka gunakanlah internet untuk hal yang positif dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Kerja Fiber Optik serta Kekurangan dan Kelebihannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel