Aspek Keuangan dalam Jasa Pembuatan Studi Kelayakan Bisnis

Dari sekian banyak aspek yang dikaji saat membuat sebuah studi kelayakan dalam perencanaan suatu bisnis yang dilakukan oleh penyedia jasa pembuatan studi kelayakan, aspek keuangan merupakan salah satu komponen penting yang perlu mendapatkan perhatian. Karena keuangan perusahaan secara keseluruhan akan dinilai, dalam proses perencanaan aspek keuangan akan memberikan gambaran keuntungan dan aliran uang dari bisnis yang akan dibuat di masa yang akan datang. Ini bertujuan untuk menilai apakah rencana dari bisnis itu layak atau tidak.

Jika dalam merencanakan sebuah bisnis tidak memikirkan aspek keuangan, maka maka peluang keberhasilan akan semakin rendah, karena biaya operasional dan biaya pendapatan harus diketahui supaya ada gambaran apakah perusahaan akan terus berkembang atau justru akan berhenti. Memang membangun sebuah bisnis tidaklah mudah, bahkan banyak yang merasakan jatuh dan bangun berkali-kali untuk mencapai kesuksesan. Apalagi saat ini persaingan untuk dunia bisnis semakin ketat.


Beberapa Hal yang dinilai Saat Penilaian Studi Kelayakan Aspek Keuangan

  1. Sumber dana yang didapatkan.
  2. Kebutuhan Biaya Investasi.
  3. Estimasi Pendapatan.
  4. Laporan neraca dan laba rugi.
  5. Kriteria Penilaian Investasi.
  6. Rasio Keuangan.
Bicara tentang laporan keuangan, pasti tidak lepas dari neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Itu semua harus direncanakan dengan sebaik-baiknya mengikuti pedoman yang sudah ditetaapkan. Jika dijelaskan secara rinci aspek keuangan memang tidak ada habisnya, karena keuangan adalah bagian dari aset yang bisa dibilang objek paling vital untuk keberlangsungan bisnis supaya tetap berjalan. Ibarat kendaraan bermotor aspek keuangan adalah bensin yang menjadi bahan bakar utama.

Itulah kenapa dibutuhkan Jasa studi kelayakan untuk menganalisa apakah susunan keuangan yang sudah disiapkan aman atau tidak. Dibutuhkan proses yang cukup panjang tetapi jika dilakukan oleh konsultan keuangan yang sudah berpengalaman akan berjalan dengan lancar dan menghemat waktu maupun biaya.

Banyak pihak yang berkepentingan dengan laporan keuangan mulai dari pemerintah untuk kepentingan pajak, karyawan untuk mengetahui bonus yang diperoleh, kreditur, dan pemegang saham tentunya. Dan itu semua harus transparan tanpa ada yang ditutup-tutupi.

Untuk menghindari penyelewangan dana, dalam sebuah perencanaan bisnis harus menganalisa  perkiraan pendanaan, pengeluaran, dan penerimaan karena inilah yang nantinya akan menjadi acuan laba dan rugi perusahaan.

Investasi juga termasuk hal yang harus diperhatikan dalam studi kelayakan keuangan, investasi yang baik adalah investasi yang akan menghasilkan keuntungan di masa yang akan datang, saya ambil contoh misalnya membeli sebidang tanah dengan membeli sebuah mobil. Harga sebidang tanah pasti akan mengalami kenaikan harga, dibandingkan dengan mobil yang kelamaan digunakan akan semakin rusak dan harga akan menurun. Itulah contoh investasi yang baik sebagai gambaran dari perencanaan suatu bisnis. Investasi adalah aset yang harus dijaga dan dirawat.

Sumber pendanaan sebuah bisnis dibagi menjadi dua, yaitu modal sendiri dan modal asing. Tetapi yang perlu digarisbawahi adalah modal asing. Modal asing bisa berasal dari bank atau dari investor yang menyuntikkan dana. Berhubung modal asing adalah uang pinjaman, jadi harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Karena jika sudah balik modal, usaha akan terus berjalan dan mulai profit yang nantinya akan menambah kekayaan di kemudian hari.

Keuangan bukanlah segalanya, keuangan yang kuat tanpa didasari perencanaan yang kuat dan sumber daya manusia yang memadai tidak akan membuat bisnis yang dibuat berjalan dengan lancar. 

Berikut ini adalah Alat Ukur yang Digunakan untuk Studi Kelayakan Bisnis
  • Payback Period (PP)
  • Average Rate of Return (ARR).
  • Net Present Value (NPV)
  • Internal Rate of Return (IRR)
  • Profitability Index (PI)
  • Break event point (BEP)
Kesimpulan

Perencanaan keuangan adalah aspek yang penting karena dari perputaran uang tersebut yang nantinya akan menjadi penggerak sebuah bisnis ke masa yang akan datang, jika dikelola dengan baik dan lolos studi kelayakan kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan akan sangat tinggi. Itulah kenapa dibutuhkan konsultan keuangan yang pas dan para penyedia jasa pembuatan studi kelayakan bisnis yang profesional karena keuangan adalah aset yang harus dijaga.

Belum ada Komentar untuk "Aspek Keuangan dalam Jasa Pembuatan Studi Kelayakan Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel