Rekomendasi Printer Terbaik Untuk Cetak Stiker, Foto, dan Dokumen

Printer adalah hardware pelengkap dari sebuah personal komputer yang digunakan untuk mencetak dokumen berupa gambar dan tulisan. Setiap printer memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi sebelum membeli printer harus lebih selektif supaya bisa digunakan untuk pemakaian jangka panjang.

Untuk keperluan kantor biasanya menggunakan printer yang biasa-biasa saja, karena hanya untuk mencetak dokumen dan kebutuhan scan saja. Berbeda dengan pelaku usaha percetakan yang membutuhkan printer terbaik, bahkan menggunakan printer laser jet yang menggunakan toner kering dan kecepatan mencetak puluhan lembar per menit untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
Saya sendiri sudah pernah bekerja di sebuah percetakan, dengan beberapa printer yang berbeda ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya kemudahan dalam perawatan, kemudahan dalam mendapatkan driver, maupun software maintenance pun setiap pabrikan printer berbeda-beda. Ada yang menawarkan software pada situs resminya, ada juga yang susah perawatannya sehingga harus pergi ke tempat servis printer terdekat. 



Bagaimana Cara Merawat Printer?

Membersihkan printer secara rutin, untuk EPSON biasanya ada head cleaning, dan INK flushing yang harus dilakukan saat hasil printer bergaris, selain itu gunakanlah toner yang original dan jangan menggunakan toner palsu. Hal ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kerusakan. Saya sudah mencobanya karena tergiur dengan harga yang murah. Bahkan ada pula printer yang tidak akan berfungsi saat menggunakan toner palsu.

Untuk printer laserjet, biasanya sebelum digunakan saat akan menyalakan printer toner yang ada didalam tabung saya kocok terlebih dahulu, begitu juga saat mengganti tabung toner baru. Karena toner didalam tabung jika tidak dikocok akan menggumpal dan akan merusak printer. Dan printer laserjet jika sudah rusak butuh teknisi khusus dengan biaya yang rumayan.

Tips Mendapatkan Tinta Printer Original

Hindari membeli tinta secara online, saya lebih merekomendasikan membeli tinta langsung di toko terdekat, selain untuk menghindari toner palsu, saat ada kendala bisa langsung menanyakan ke penjual. Saya pernah mendapatkan toner secara online tetapi tidak terdeteksi oleh printer itu sendiri, padahal pada gambar tertulis tinta catridge original. Setelah saya bandingkan dengan tinda sebelumnya memang ada perbedaan, dari segel hologram terlihat lebih buram atau palsu. Jadi harus lebih hati-hari dalam membeli tinta supaya tidak merusak printer.

Belum ada Komentar untuk "Rekomendasi Printer Terbaik Untuk Cetak Stiker, Foto, dan Dokumen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel