Hal yang Wajib Diketahui Untuk Pengguna Google Sheet Spreadshet

Apa Itu Google sheet?

Google sheets adalah inovasi terbaru yang dibuat oleh google, raksasa mesin pencari yang mungkin tidak lepas dari aktivitas digital kita sehari-hari. Nama asli yang sebenarnya adalah google spreadsheet, namun kebanyakan orang menyebutnya google sheet saya sendiri menyebutnya dengan gsheet. Bagi yang setiap harinya bekerja di kantor menggunakan Microsoft excel, google sheet tidak jauh berbeda dari segi tampilan, rumus, dan tools yang digunakan. Hanya saja google sheet bisa diakses secara online.

Tampilan Google Spreadsheet


Bagaimana Cara Membuat Google Sheet?

  1. Masuk ke google menggunakan email yang sudah terdaftar.
  2. Klik titik Sembilan pada bagian pojok kanan atas, sebelah foto profil.
  3. Pilih Spreadsheet.
  4. Pilih tanda (+) atau buat spreadsheet baru pada bagian pojok kanan bawah.
  5. Google sheet siap digunakan.

Apakah Google Sheet itu Gratis?

Tentu saja, kita tidak akan dipungut biaya sepeser pun jika ingin menggunakannya, semua fitur bisa digunakan secara gratis. Tidak perlu bingung untuk mencari google sheet download karena full online dan yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet saja.

Apa Kelebihan Google Sheet dibandingkan Microsoft Excel?

  1. Menghemat RAM karena tidak perlu banyak membuka aplikasi yang berbeda.
  2. Lebih ringan untuk digunakan.
  3. Auto save, jadi tidak perlu khawatir jika tiba-tiba laptop atau PC mati dan file lupa belum disimpan karena file akan tersimpan secara otomatis.

Bagaimana Cara Mengetahui Rumus Kode Google Sheet?

Seperti Microsoft excel, google spreadsheet juga menyediakan kode khusus atau biasa disebut pintasan keyboard untuk memudahkan pekerjaan, mungkin banyak diantara kalian yang sudah tahu akan hal ini. Seperti Ctrl + A untuk select all, ctrl + shift + ; untuk menambahkan jam, ctrl + ; untuk menambahkan tanggal, dan masih banyak lagi. Kalian bisa melihat kode yang lainnya dengan cara klik ctrl + / yang akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini.

 

Apakah Google Sheet bisa Diakses Banyak Orang?

Inilah yang menjadi salah satu kelebihan google sheet, yaitu bisa diakses oleh orang banyak secara bersamaan. Jadi bisa untuk menyelesaikan pekerjaan dengan multiuser setelah memberikan akses dengan memasukkan email orang lain yang akan diberi akses. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Klik tombol bagikan pada pojok kanan atas.
  2. Masukkan email yang akan diberi akses.
  3. Atur apakah pengakses akan dijadikan editor apa hanya melihat-lihat saja.
  4. Pilih selesai.

Selain bisa mengerjakan pekerjaan secara bersamaan didalam satu sheet, kelebihan lainnya adalah kita bisa mengecek siapa saja yang terakhir mengedit file tersebut, jadi jika ada kesalahan kerja bisa langsung mengetahui siapa yang melakukan kesalahan. Caranya klik kanan pada cell mana yang akan dicek, kemudian pilih show edit history. Setelah itu akan muncul akun siapa yang melakukan edit lengkap dengan jam dan tanggal pengeditan.

 

Kesimpulan

Menggunakan google spreadsheet adalah solusi untuk menyelesaikan pekerjaan seperti mengolah data yang bisa dilakukan oleh banyak pengguna atau kerja tim secara realtime, sehingga pekerjaan akan selesai dengan cepat.

Belum ada Komentar untuk "Hal yang Wajib Diketahui Untuk Pengguna Google Sheet Spreadshet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel