Info Terbaru Bansos dari Pemerintah - Bantuan UMKM 3,5 Juta

Fakta Seputar Bantuan Sosial Pemerintah Senilai 3,5 Juta


Sejak beberapa pekan yang lalu, masyarakat dihebohkan dengan pemberitaan bantuan sosial dari pemerintah yang nilainya mencapai 3,5 juta. Hal ini karena bansos, bantuan sosial pemerintah yang diberitakan di media bernilai 3,5 juta rupiah. Hal ini tentu saja sangat menggiurkan mengingat bantuan sosial yang biasanya diberikan pemerintah maksimal hanya senilai 1,2 juta rupiah. Selain itu, banyak orang mengatakan bahwa bantuan sosial tersebut hanya membutuhkan KTP. Hal ini semakin menarik minat masyarakat terhadap bansos tersebut.bantuan sosial pemerintah.

Sayangnya, ternyata berita tersebut hanya berita hoax, atau berita palsu. Karena pada kenyataannya bantuan sosial pemerintah senilai 3,5 juta tersebut tidak ada. Kalaupun bantuan sosial tersebut memang ada, maka bukan seperti yang sudah tersebar luas di media sosial. Berikut adalah beberapa fakta tentang bansos yang jumlahnya mencapai 3,5 juta rupiah tersebut.


KTP Bukan Satu - Satunya Syarat

Satu hal yang menghebohkan dari berita tentang bantuan sosial ini adalah persyaratannya, yaitu KTP. Bahkan, banyak pemberitaan yang mengatakan bahwa masyarakat bisa mendapatkan bansos hanya bermodalkan KTP. Sayangnya, hal itu tidak benar sama sekali. KTP ternyata hanya media untuk menampilkan apakah masyarakat mendapatkan bansos tersebut atau tidak. Dengan kata lain, KTP hanya digunakan untuk keperluan pengecekan status bansos 3,5 juta saja.


Tidak Semua Orang Bisa Menerima

Perlu diketahui, bansos yang diberikan oleh Kemensos ini merupakan program lanjutan. Program bantuan ini berkaitan dengan PKH atau Program Keluarga Harapan yang memang bantuannya sudah secara rutin disalurkan. Salah satu syarat penerimaan bansos ini adalah PKH Graduasi. Yang dimaksud PKH Graduasi adalah mereka yang sudah menerima PKH dan sudah bisa mengembangkan perekonomiannya semenjak menerima PKH. Dengan kata lain, bantuan sosial ini setara dengan bantuan UMKM, bantuan 3,5 juta.

Dengan kata lain, bantuan ini memang dikhususkan bagi masyarakat yang sudah menerima PKH. Akan tetapi, tidak semua masyarakat penerima PKH akan menerima bansos senilai 3,5 juta ini. Akan ada seleksi lebih lanjut untuk memastikan bahwa mereka adalah PKH Graduasi. Maka dari itu, pembaharuan data yang dilakukan oleh pihak desa, kelurahan, kecamatan, hingga kabupaten mempunyai peran yang sangat penting dalam seleksi ini.


Dana 3,5 Juta Sebagai Modal Usaha

Salah satu alasan mengapa hanya PKH Graduasi yang menerima bantuan sosial 3,5 juta ini adalah fungsi guna dari bansos atau bantuan langsung tunai yang diberikan pemerintah. Pemerintah secara tidak langsung memperhatikan bagaimana penerima bansos menggunakan dana yang diberikan. Bagi mereka yang menggunakan dana bansos untuk mengembangkan perekonomian, maka akan mempunyai kesempatan untuk mendapatkan bansos ini.

Dengan kata lain, sebenarnya bansos ini ditujukan untuk menunjang hal tersebut. Jadi, secara tidak langsung, bantuan sosial 3,5 juta yang diberikan merupakan bantuan untuk merintis usaha mikro yang dilakukan oleh penerima PKH. Itulah salah satu sebab mengapa bantuan ini tergolong cukup besar jika dibandingkan dengan bantuan sosial lainnya yang sudah diberikan pemerintah.

Itu tadi beberapa fakta mengenai bantuan sosial yang beberapa pekan terakhir menjadi perbincangan di masyarakat. Memang benar, pemerintah memberikan bantuan sosial yang jumlahnya mencapai 3,5 juta. Akan tetapi, persyaratan penerima bansos ini bukan hanya KTP. Ada beberapa syarat yang memang harus dipenuhi dan dilengkapi. Selain itu, tujuan bansos ini adalah supaya penerima PKH bisa mengembangkan perekonomiannya melalui usaha mikro. Jadi, jangan salah persepsi lagi ya mengenai bansos senilai 3,5 juta ini.

Untuk informasi lebih lengkap tentang bantuan UMKM ini, silahkan baca pada artikel berikut ini.

 

Belum ada Komentar untuk "Info Terbaru Bansos dari Pemerintah - Bantuan UMKM 3,5 Juta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel