Pentingnya Menentukan Niche sebelum Membuat Sebuah Blog

Niche Blog adalah tema atau topik yang dibahas dalam blog tersebut, misalnya niche blog tekno berarti didalamnya berisi artikel-artikel tentang teknologi. 

Menentukan niche blog sangat penting dan harus dipikirkan secara matang, jika sudah yakin dengan kemampuan untuk membuat artikel dengan tema yang sudah dikuasai, kedepannya pasti tidak akan memiliki hambatan saat menulis seperti yang saya alami.

Berawal dari iseng membuat blog karena tergiur menulis bisa mendapatkan uang, saya pun memberanikan diri menulis dan membangun sebuah blog dengan platform blogger. Tapi sayangnya saya hanya fokus menulis dan menulis tanpa memperhatikan niche blog itu sendiri. Dan akhirnya jadilah blog gado-gado atau istilah dari blog yang berisi konten umum atau campuran.

Bahkan saya mengalami masa dimana saya bingung untuk menulis, yanga da di pikiran saya "aduh mau menulis apa ya hari ini" dan itu bisa berhari-hari dan membuat saya tidak menulis dalam waktu yang cukup lama. Akibatnya penghasilan dari blog saya segitu-segitu saja tanpa ada peningkatan, seperti pada gambar google search console saya diatas, grafiknya naik turun setiap hari, tidak ada kenaikan yang signifikan.

Motivasi untuk menulis jadi hilang karena bingung menulis tadi, maka saya menyarankan untuk menentukan niche blog terlebih dulu sebelum menulis. Sebagai contoh saya akan mengilustrasikan niche berikut ini.

Microniche yang membahas tentang ponsel android.

Pasti tidak akan ada kesulitan untuk menulis artikel, karena ponsel yang dirilis semakin hari pasti ada aja, sehingga itu bisa menjadi bahan untuk membahas ponsel tersebut, meskipun sekedar membahas spesifikasi atau hasil kamera. Ide akan selalu muncul dan tidak akan menemui kebingungan seperti halnya blog gado-gado.

Dan jika sudah memiliki niche dan arah penulisan yang jelas, CPC atau Cost Per Click dari google adsense pasti akan konsisten, tetapi jika blog gado-gado lebih sering naik turun dan banyak turunnya karena tidak bisa diprediksi artikel mana yang penayangannya naik.

Buat yang sudah terlanjur membuat blog gado-gado jangan patah semangat karena kalian bisa riset keyword dengan CPC tinggi untuk menaikkan pendapatan dari google adsense. Tetap semangat untuk menulis artikel dan buatlah konten yang bermanfaat supaya bisa membantu orang lain diluar sana.

Untuk blogger pemula yang baru menulis, silahkan bergabung di forum blogger untuk mengetahui niche apa yang bagus, tapi saya menyarankan untuk menulis sesuai dengan kemampuan yang dimiliki saja, sesuai dengan bidang yang dikuasai.

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Menentukan Niche sebelum Membuat Sebuah Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel