Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Genre Novel yang Wajib Diketahui Agar Tidak Salah dalam Memilih Novel

Menurut Dewainfoku, Perlu anda ketahui bahwa film, novel dan cerita-cerita lainnya memiliki genre yang berbeda-beda. Ada yang bertipe genre horror, comedy, fiksi, dan masih banyak tipe genre lainnya. Pada artikel kali ini akan fokus membahas tentang penjelasan dari setiap genre yang ada pada novel (karena penulis suka baca novel hehehe) agar dapat membedakan antara genre yang satu dengan genre yang lainnya.



1. Berdasarkan Kenyataan Ceritanya, Novel Dibedakan Menjadi Dua yaitu 

  • Fiksi 
  • Non-Fiksi

Genre fiksi adalah cerita berdasarkan khayalan atau imajinasi penulis sehingga cerita yang ada didalamnya adalah cerita yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Sedangkan Genre Non-Fiksi adalah kebalikannya. Dengan kata lain genre non-fiksi adalah kisah cerita yang dituliskan berdasarkan kisah nyata yang pernah terjadi sehingga cerita yang ada didalam novel benar adanya (tidak dibuat-buat). Bisa juga berdasarkan pengalaman pribadi seseorang atau penulis itu sendiri.

2. Berdasarkan Jenis Ceritanya Novel Dibedakan Menjadi Delapan Tipe Genre 

  • Romantis
  • Horor
  • Misteri
  • Humor
  • Sci-Fi (Fiksi Sains)
  • Fan-Fic (Fiksi Penggemar)
  • Petualangan dan Sejarah

Novel yang bertipe genre romantis adalah novel dengan isi cerita tentang kisah cinta kedua tokoh utama yang terdapat didalamnya. Isi dialognya pun biasanya didominasi oleh percakapan antara kedua tokoh yang berbau romantisme seperti gombalan serta rayuan. Beberapa novel yang bertipe genre romantis yang sukses diangkat ke layar lebar seperti dilan, dear nathan, mariposa dan masih banyak lagi.

Baca juga : Cara membuat CV lamaran kerja yang menarik

Novel yang bertipe genre horor adalah novel yang identik dengan setan, hantu, jin dan semacamnya dengan isi cerita yang mengandung teror didalamnya. Bertujuan untuk membuat para pembaca merinding serta ketakutan saat membacanya. Beberapa novel horor yang difilm kan seperti danur, rasuk, asih, aku tahu kapan kamu mati dan masih banyak lagi.

Novel misteri adalah novel dengan isi cerita kasus dan kejanggalan yang penuh teka-teki didalamnya seolah-olah membuat para pembacanya bertanya-tanya. Untuk mengetahui novel misteri apa saja yang sukses difilmkan bisa cari tahu langsung melalui pakarnya (om google) karena penulis kurang referensi untuk novel dengan tipe genre ini xixixi.

Novel humor yaitu novel yang didominasi dengan komedi didalam isi ceritanya yang bertujuan untuk membuat para pembaca terhibur serta ketawa saat membacanya. Novel bertipe genre humor ini sangat cocok dibaca saat akhir bulan agar setidaknya para pembaca dapat terhibur dari kesedihan yang melanda saat melihat isi dompet xixixi. Beberapa novel humor yang sukses difilmkan seperti koala kumal, my stupid boss, marmut merah jambu dan lainnya.

Novel sci-fi (fiksi sains) adalah novel yang bercerita tentang masa depan yang penuh dengan kecanggihan serta teknologi yang tinggi. Novel yang sangat recommended untuk dibaca dengan tipe genre ini yaitu novel Tere liye yang berjudul selena, nebula, lumpu adalah tiga novel yang berkesambungan. Jadi bacanya sesuai urutan ya biar nyambung.

Baca juga : 5 Jenis laptop harga 5 Jutaan terbaik saat ini

Novel fan-fic (fiksi penggemar) adalah novel dengan isi cerita tentang fantasi seorang idola yang ditulis oleh penggemar idola itu sendiri. Biasanya jenis novel ini banyak sukai oleh kaum hawa khususnya yang remaja karena isi ceritanya. Penulis juga kurang referensi novel recommended untuk jenis novel ini, jadi silahkan dicari sendiri ya.

Novel petualangan adalah novel dengan isi cerita tentang sebuah misi dan proses penyelesaian didalamnya. Tidak sedikit novel ini bercerita tentang kebersamaan beberapa orang sahabat dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Novel-novel bertipe genre petualangan yang sukses diangkat ke layar lebar yaitu laskar pelangi, 5cm dan lainnya.

Terakhir novel dengan tipe genre sejarah yaitu novel yang pada umumnya diangkat berdasarkan kisah nyata yang pernah terjadi sebelumnya. Novel ini bercerita tentang peristiwa, cerita atau juga mitos yang terjadi di masa lalu yang melegenda ditengah-tengah masyarakat. Novel ini bertujuan untuk mengenang masa lalu dan juga agar para pemuda tidak melupakan sejarah. Novel sejarah yang juga sukses diangkat ke layar lebar yaitu novel dengan judul bumi manusia.

Kesimpulan

Dengan mengetahui tipe genre serta penjelasan setiap novel, para pembaca tidak akan bingung lagi untuk menentukan pilihan dalam memilih novel.

Link

https://dewainfoku.blogspot.com/

https://dewainfoku.blogspot.com/2021/02/5-jenis-laptop-harga-5-jutaan-terbaik.html

https://dewainfoku.blogspot.com/2021/01/cara-membuat-cv-lamaran-kerja-yang.html

Posting Komentar untuk "Genre Novel yang Wajib Diketahui Agar Tidak Salah dalam Memilih Novel"