Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Kata yang Sama di Microsoft Excel Tanpa Rumus

Mungkin bagi kalian yang bingung bagaimana caranya mengumpulkan kata atau keyword yang sama pada microsoft excel masih menggunakan fitur sort & filter dan mengurutkannya sesuai abjad. Itu adalah cara yang kuno dan masih sulit untuk menyeleksi duplikat kata pada suatu file.

Saya beri contoh misalnya saat kita mengerjakan sebuah file excel dengan ribuan kata dan kita disuruh mencari duplikat kata pada file tersebut. Berapa lama kita mencarinya jika tidak mengetahui cara yang benar? Pasti butuh waktu berjam-jam.

Cara Mencari Kata yang Sama di Excel

1. Seleksi kolom atau baris mana yang mau dikerjakan.


2. Pilih Home.

3. Pilih Conditional Formating.


4. Kemudian Klik Highlight Cells Rules.

5. Duplicate Values.

6. Pilih warna kata duplikat sesuai keinginan.


Pada gambar diatas, saya memilih Light red fill with Dark red text, dan otomatis isi kolom dengan kata duplikat akan menjadi warna pink dengan tulisan warna merah. Atau kalian bisa menggunakan pilihan lain sesuai keinginan. Selanjutnya tinggal difilter berdasarkan warna teks atau fill saja, untuk mengumpulkan ada berapa duplikat kata pada file excel tersebut.

Menghitung Kata yang Sama di Excel

Setelah mengikuti langkahg-langkah diatas, pasti kita harus tahu dong, berapa jumlah kata yang sama dari file yang diseleksi tadi. Berikut ini adalah cara singkatnya.

1. Pilih baris atau kolom yang ingin dihitung.
2. Pilih Home - Sort & Filter.
3. Sort by Color - Pilih warna yang akan di seleksi.


4. Setelah itu file akan urut secara otomatis.


Selanjutnya tinggal di blok saja yang  berwarna pink seperti contoh diatas dan pada pojok kanan bawah akan muncul total atau jumlah kata.







Posting Komentar untuk "Cara Mencari Kata yang Sama di Microsoft Excel Tanpa Rumus "