Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menghitung jumlah kata pada sebuah artikel atau tulisan

Kata dalam tulisan atau artikel adalah hal yang sangat penting untuk dipelajari dan dikembangkan oleh seorang penulis. Penulis buku, penulis blog atau blogger pasti akan dihargai jika tulisan yang dibuat memiliki kata yang bagus dan panjang. Selain itu tulisan juga harus mudah dipahami oleh pembaca, makanya biasakan menggunakan kata baku yyang baik dan benar seperti yang diajarkan guru saat di bangku sekolah dulu. Saya sih nilai bahasa Indonesianya nggak bagus-bagus banget, cuma dapet 7 koma, hehe.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana caranya menghitung kata yang sudah kita tulis, khususnya bagi seorang blogger. Karena tampilan yang ada di blogger tidak menampilkan berapa jumlah kata yang sudah diketik. Jadi butuh aplikasi tambahan buat mengecek jumlah kata tersebut. Hal ini juga sering digunakan bagi penyedia jasa ketik artikel, karena mereka pasti selalu menawarkan berapa jumlah kata per artikel, misalnya 300-500 kata dengan harga sekian, dan sebagainya.

Menghitung jumlah kata menggunakan microsoft word

  • Copy kalimat yang ditulis dari blogger, jika kalian menulis menggunakan blogger
  • Buka microsoft word, kemudian paste
  • Cek pada bagian pojok kiri bawah, disitu tertulis jumlah kata secara detail




Menghitung jumlah kata dengan bantuan aplikasi online
  • Buka situs https://www.wordcounttool.com/
  • Copy kalimat yang ingin dihitung jumlah katanya
  • Paste pada bagian yang sudah disediakan
  • Pada aplikasi ini hasilnya akan lebih detail, karena selain jumlah kata, jumlah karakter huruf dan jumlah paragraf pun akan dihitung










Posting Komentar untuk "Cara menghitung jumlah kata pada sebuah artikel atau tulisan"